Kakak-Adik Kevin & Luciano Benavides Kuasai Stage 1 Silk Way Rally

Guys… Setelah seharian banyak membahas mengenai kancah balap MXGP seri ke-11 yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, kali ini saya bakal beralih membahas mengenai ajang balap rally dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship yang telah memasuki seri kedua dari total empat seri sepanjang musim 2019. Kalender seri kedua FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 adalah Silk Way Rally yang digelar selama 10 hari dengan melintasi tiga negara sekaligus, antara lain Rusia, Mongolia, dan berakhir di China. Jadi balapan berlangsung mulai hari ini 7 Juli sampai dengan 16 Juli 2019.

Pada Stage 1 Silk Way Rally yang berlangsung hari ini memiliki rute dari Irkutsk menuju Baikalsk yang masih masuk ke dalam wilayah Rusia. Jarak yang harus ditempuh oleh para pembalap di stage ini totalnya 254,9 km, namun special stage (SS) yang dihitung catatan waktunya relatif pendek hanya 50 km. Tantangan yang harus dihadapi oleh para pembalap di Stage 1 ini lebih ke arah jalur pegunungan dan alur-alur sungai di Danau Baikalsk. Menariknya, sehari sebelum lomba dimulai jalur diguyur hujan dan terus berlanjut hingga malam hari. Hal itu membuat jalur menjadi basah dan berlumpur. Pembalap dengan background enduro lebih diuntungkan dalam kondisi ini, sedangkan yang berasal dari background lain mesti memutar otak agar tidak gampang terjatuh.

Dalam kondisi yang lumayan sulit ini ternyata Benavides bersaudara justru berpesta. Yups, pembalap Monster Energy Honda Team Kevin Benavides dengan motor andalan Honda CRF450 RALLY menjadi yang terkencang di Stage 1. Kevin menempuh SS sejauh 50 km itu dengan waktu tempuh 30 menit 51 detik. Satu hal yang membuat Stage 1 cukup menarik, adik kandung Kevin Benavides yang tergabung ke dalam tim Red Bull KTM Factory Racing Luciano Benavides yang mengandalkan KTM 450 RALLY mampu mencatatkan waktu yang nggak kalah keren. Luciano finish di posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 36 detik dari kakaknya. Melengkapi podium ketiga ada nama Xavier de Soultrait  penyemplak motor Yamaha WR450F Rally dari Yamalube Yamaha Official Rally Team. Honda, KTM, dan Yamaha mewarnai posisi pertama hingga ketiga Stage 1 Silk Way Rally 2019!

“Aku nggak bisa berkata apa-apa lagi. Memulai balapan dengan kemenangan stage yang manis tentu selalu menyenangkan. Juga, itu meningkatkan kepercayaan diriku yang sedikit aku butuhkan. Kami telah bekerja keras sebelum balapan dan hasilnya mulai terlihat. Balapan ini menjanjikan kejutan dengan banyak tempat menyenangkan. Tapi kami harus terus bekerja keras karena kami baru mampu menaklukkan satu dari banyak hari berat yang menghadang di depan,” ungkap Kevin Benavides.

Nah, pembalap Monster Energy Honda Team lainnya Joan Barreda tampil nggak kalah oke dengan meraih posisi keempat, disusul oleh Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing) kelima, dan posisi keenam ditempati oleh mantan pembalap Monster Energy Honda Team yang sekarang bergabung dengan Hero Motorsport Team Rally, Paulo Goncalves. Goncalves membuktikan meskipun usianya sudah tidak lagi muda dan tidak bergabung dengan tim nomor satu tapi masih bisa membukukan hasil yang baik. Bukan mustahil Goncalves bisa membawa Hero masuk ke deretan tim papan atas di kancah balap rally.

Hasil Stage 1 Silk Way Rally 2019:

  1. Kevin Benavides – Monster Energy Honda Team (00:30:51)
  2. Luciano Benavides – Red Bull KTM Factory Racing (+00:00:36)
  3. Xavier de Soultrait – Yamalube Yamaha Official Rally Team (+00:00:51)
  4. Joan Barreda – Monster Energy Honda Team (+00:01:06)
  5. Sam Sunderland – Red Bull KTM Factory Racing (+00:01:15)
  6. Paulo Goncalves – Hero Motorsport Team Rally (+00:01:36)
  7. Adrien Van Beveren – Yamalube Yamaha Official Rally Team (+00:02:02)
  8. Franco Caimi – Yamalube Yamaha Official Rally Team (+00:02:51)
  9. Andrew Short – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing (+00:03:01)
  10. Oriol Mena – Hero Motorsport Team Rally (+00:03:31)
Advertisements