Pasukan Yamaha Telah Berada di Semarang, Siap Hadapi MXGP of Asia!

Akhir pekan ini Motocross Grand Prix (MXGP) akan bergeser dari sei ke-11 MXGP of Indonesia di Palembang pekan lalu menuju seri ke-12 dalam ajang MXGP of Asia di Semarang. Berdasarkan rilis resmi yang saya terima dari Yamaha Racing, disebutkan bahwa tim biru sudah berada di Semarang dan akan tampil full team baik itu di kelas MXGP (450) maupun di kelas MX2 (250). Dalam rilis resmi itu juga disebutkan berbagai macam target yang dicanangkan oleh Yamaha di MXGP Semarang akhir pekan ini!

Yamaha memang menjadi salah satu pabrikan yang cukup jor-joran di ajang MXGP. Nggak tanggung-tanggung, Yamaha menerjunkan dua tim factory sekaligus, yaitu Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team yang diperkuat oleh Romain Febvre dan Jeremy Seewer serta Monster Energy Wilvo Yamaha MXGP Team dengan dua pembalap andalan Gautier Paulin dan Arnaud Tonus. Nggak cuma di kelas MXGP, Yamaha secara official juga terjun di kelas MX2 melalui Monster Energy Kemea Yamaha MX2 Team dengan pembalap Jago Geerts dan Ben Watson. Mereka semua dipastikan tampil di MXGP of Asia – Semarang 2019.

Dalam rilis resminya itu Yamaha berandai-andai, misal setidaknya ada dua pembalap Yamaha yang masuk ke podium di kelas MXGP maka akan menjadi double podium keenam berturut-turut bagi Yamaha dan motor YZ450F sepanjang musim 2019 ini. Peluang lainnya, jika hanya satu pembalap Yamaha yang mendapatkan podium di Semarang, maka akan menjadi podium ke-15 bagi Yamaha dan podium kesembilan beruntun pada tahun ini. So, memang target Yamaha di Semarang nanti nggak main-main. Mereka mengejar podium guys!

Selain mengejar podium di MXGP of Asia – Semarang, Yamaha juga mengejar posisi kedua dan ketiga klasemen pada kejuaraan MXGP 2019. Setelah MXGP of Indonesia – Palembang pekan lalu, ada lima orang pembalap Yamaha yang mengisi posisi lima besar klasemen sementara. Mereka adalah Jeremy Seewer yang berada di posisi ketiga, Gautier Paulin di posisi keempat, dan Arnaud Tonus berada di posisi kelima championship. Asyiknya lagi, Yamaha berpeluang finish di posisi kedua, ketiga, dan keempat pada klasemen akhir nanti. Kenapa? Karena pembalap yang sekarang mengisi posisi kedua klasemen sementara, Tony Cairoli dari tim Red Bull KTM Factory Racing, masih dalam proses pemulihan pasca operasi bahu kanan. KTM sendiri memastikan Cairoli absen hingga akhir musim 2019. Praktis sepanjang tujuh seri tersisa dengan total 14 race, Cairoli nggak bisa menambah poin. Di sisi lain Jeremy Seewer hanya berjarak 31 poin dari Cairoli, Gautier Paulin berjarak 40 poin, dan Arnaud Tonus punya selisih 54 poin dari pembalap KTM.

“Kami telah berada di Semarang, jadi kami tahu apa yang kami perkirakan. Track di sini sangat keren, agak berbeda dengan track minggu lalu (di Palembang). Track ini lebih kencang dengan lebih banyak flow dan lompatan yang lebih besar. Aku menyukainya tahun lalu, tapi aku mengalami kecelakaan hebat yang membuat tanganku terluka. Aku sangat menantikan membalap di sini, aku pikir memenangkan Grand Prix sangat memungkinkan, tapi aku datang ke sana dengan targetku sendiri dan kita akan lihat bagaimana semuanya akan berjalan. Tentunya jika ini adalah hariku, maka aku akan memenangkan balapan, tapi aku akan berada di sana dengan penampilan terbaik,” ungkap Seewer.

Peluang Febvre, Seewer, Paulin, dan Tonus bermain bagus di Semarang juga sangat besar. Pembalap-pembalap Yamaha ini, kecuali Tonus, semuanya pernah mencicipi membalap di Semarang tahun lalu dengan hasil yang bagus. Hanya Tonus yang musim lalu absen di Semarang karena masih cidera bahu. Namun kondisi track di Semarang yang lebar dan dengan kontur lintasan yang keras diperkirakan cocok dengan gaya riding Tonus. Yamaha berharap Tonus bisa mendapatkan podium di Semarang setelah kurang beruntung di Palembang akhir pekan lalu.

“Aku sangat menantikan Semarang. Jedanya hanya beberapa hari dan setelah pertarungan sengit pekan lalu, ini akan menjadi bagus untuk memberikan penampilan lebih baik di sana. Track-nya terlihat bagus! Aku tidak berada di sana tahun lalu namun track ini terlihat sangat kencang dengan banyak lompatan dan hard pack, sehingga itu akan cocok buatku,” kata Tonus.

Advertisements