• Home »
  • Article »
  • Perkenalkan: Sherco Baja 450 Rally Lite, Cocok Buat Para Penggemar Rally!

Perkenalkan: Sherco Baja 450 Rally Lite, Cocok Buat Para Penggemar Rally!

Brand motor asal Perancis, Sherco Motorcycles, akhirnya meluncurkan lineup motor baru yang diberi nama Sherco Baja 450 Rally Lite. Menurut Sherco, motor ini cocok digunakan oleh para rider yang ingin mengikuti ajang balap seperti Baja dan Cross-Country Rally hingga rider yang ingin berpetualang jarak jauh dan rider yang butuh perangkat navigasi. Terus kayak apa sih wujud Sherco Baja 450 Rally Lite? Yuk kita bahas guys!

Secara fisik Sherco Baja 450 Rally Lite lebih mirip seperti motor enduro Sherco 450 SEF Factory yang ringkas tapi dilengkapi dengan perangkat tower navigasi. Beda dengan motor rally beneran seperti Sherco RTR 450 yang terlihat besar dan sekujur body ditutup oleh fairing. Ya maklum namanya juga versi lite. Meskipun demikian perbedaan antara Sherco 450 Rally Lite dan Sherco 450 SEF Factory nggak cuma di sektor perangkat tower navigasi. Versi rally lite ternyata punya kapasitas tangki yang lebih besar (13 liter). Itu belum termasuk tangki karbon yang berada di belakang dengan kapasitas 5 liter. Jadi total kapasitas tangki bahan bakar 18 liter. Tower navigasi sudah pasti ada, sejumlah kontrol di handlebar lengkap, dan versi rally lite menggunakan cakram rem depan buatan Galfer dengan diameter lebih besar (270 mm). Oh ya, Sherco Baja 450 Rally Lite memiliki settingan suspensi yang lebih keras dibandingkan dengan Sherco 450 SEF Factory. Kemudian sejumlah perangkat mentereng seperti knalpot Akrapovic, triple clamps X-Trig, suspensi Kayaba, skid plate AXP Racing, handlebar Neken, dan sarung jok Selle Dalla Valle sudah menjadi paket penjualan standar pada motor ini.

Menurut rencana, Sherco Baja 450 Rally Lite akan dijual dengan harga 15.000 euro atau hampir Rp 240 juta rupiah dan bakal tersedia dalam versi 450 dan 500. Artinya juga ada Sherco Baja 500 Rally Lite yang mendampingi Sherco Baja 450 Rally Lite. Mungkin harga itu terasa mahal ya. Tapi sebenarnya relatif lebih murah daripada membangun sendiri motor rally, meskipun dalam versi lite sekalipun menggunakan motor motocross atau motor enduro standar. Sebagai perbandingan, motor rally beneran bukan versi lite, KTM 450 RALLY Replica model year 2019, harganya tembus 26.000 euro. Kalau dikonversikan sekitar Rp 420 juta lah. Jauh lebih mahal kan?

Rasa-rasanya motor Sherco Baja 450/500 Rally Lite lumayan cocok dipakai oleh para rider yang ingin mengikuti ajang balap seperti Baja Rally atau Asia Cross-Country Rally. Kalau buat FIM Cross-Country Rallies World Championship atau Rally Dakar sih bakal kalah kelas sama motor rally yang full size. Hehehe… Sayangnya belum bisa dipastikan apakah Sherco Baja 450/500 Rally Lite bakal masuk ke Indonesia atau nggak. Tapi memang sih market motor rally di Indonesia masih sangat kecil. Itu motor rally yang beneran ya, bukan motor rally jalan raya macam Honda CRF250RALLY. Di sini pamor enduro dan motocross masih jauh lebih gede daripada rally.

Advertisements