Wow… Ternyata Harga CRF250F Bekas di Indonesia Masih Fantastis!

Yups… CRF250F merupakan salah satu motor off-road buatan Honda yang cukup menjadi primadona di berbagai belahan dunia. Secara spesifikasi motor buatan Brazil ini tergolong sederhana, menggunakan mesin 249 cc, SOHC, 4-tak, 2-valve, dan berpendingin udara namun sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Jadi secara performa nggak powerful banget. Kemudian suspensi depannya masih model teleskopik sehingga lagi-lagi CRF250F tampak low profile. Tapi karena kesederhanaannya itu pula CRF250F banyak dicari orang. Kenapa? Di dunia ini masih banyak rider yang membutuhkan motor user friendly, mudah dikendalikan, mesin tidak brutal dan tidak mengintimidasi namun tetap siap melibas berbagai macam kondisi medan, serta satu hal lagi yang nggak kalah penting perawatan mudah, murah, dan interval servis panjang. Salah satu jawaban dari berbagai macam kriteria itu adalah CRF250F!

Beruntungnya CRF250F sudah masuk ke Indonesia meskipun tidak lewat ATPM resmi. Dalam hal ini CRF250F yang dijual di Indonesia masuk lewat importir umum. Kabar buruknya CRF250F dibandrol dengan harga yang lumayan mahal untuk spesifikasi sesederhana itu. Sejumlah toko membandrol CRF250F model year 2019 dengan bandrol harga Rp 100 juta off the road. Kalau dipikir-pikir dengan bandrol segitu ada pilihan motor lain yang jauh lebih powerful, spesifikasi tinggi, dan lebih mentereng. Sebut saja KTM 250 EXC-F atau Husqvarna FE 250 seken dengan tahun tidak terlalu tua (kisaran 2015-2016) atau malah Yamaha YZ250FX yang masih gres! Tapi bagaimana pun CRF250F punya kekuatan yang nggak bisa dianggap remeh. Pertama kekuatan brand image Honda yang dikenal dengan produknya yang user friendly, handling bagus, dan bandel, sedangkan yang kedua adalah spesifikasi sederhana CRF250F itu sendiri yang menjadi daya tarik. Ingat, nggak semua rider butuh power besar atau motor dengan spesifikasi mentereng. Novice seperti saya pun kalau punya budget lebih cenderung lebih suka dengan motor sederhana macam CRF250F, TT-R230, atau KLX230R daripada motor spesifikasi tinggi seperti KTM 250 EXC-F, Husqvarna FE 250, atau Yamaha YZ250FX.

Nah, kalau CRF250F baru dirasa kemahalan, sebenarnya ada alternatif menunggu barang bekasnya. Walaupun populasi CRF250F di Indonesia belum banyak, ternyata sudah ada yang menjual motor ini dalam kondisi bekas. Hampir bisa dipastikan motor dalam kondisi yang sangat baik karena usia masih sangat muda. Tapi apesnya harga bekas CRF250F pun nggak murah-murah amat. Malah masih tergolong fantastis. SGM MX Store yang ada di Jawa Barat misalnya, mulai menawarkan CRF250F model year 2019 dalam kondisi bekas (foto tengah). Bandrol harganya Rp 90 juta saja atau lebih murah Rp 10 juta dibandingkan dengan CRF250F baru. Lumayan juga sih bisa saving Rp 10 juta. Depresiasi harga 10% relatif wajar untuk barang yang belum genap satu tahun. Apalagi ada bonus handlebar sudah diganti dengan merek Renthal dan telah terpasang hand guard. Gimana guys, tertarik dengan CRF250F bekas atau sekalian buka segel beli baru?

Advertisements