• Home »
  • Article »
  • Akhirnya Beta Rilis Motor Enduro Model Year 2020, Desain Total Beda!

Akhirnya Beta Rilis Motor Enduro Model Year 2020, Desain Total Beda!

Setelah minggu lalu baru keluar teaser foto, akhirnya sekarang Beta Motorcycles telah resmi merilis lineup motor enduro generasi terbaru model year 2020 dari klan RR series alias spec kompetisi. Nggak tanggung-tanggung, Beta mengeluarkan total delapan varian yang terdiri dari mesin 2-tak dan 4-tak. Untuk varian mesin 2-tak ada Beta RR 2T 125/200/250/300, sedangkan yang 4-tak juga ada empat varian yaitu Beta RR 4T 350/390/430/480. Satu hal yang menarik, Beta mendesain ulang berbagai macam di lineup motor RR series model year 2020!

Redesign yang dilakukan oleh Beta terlihat jelas di bagian bodywork. Mulai dari ujung depan front fender sampai dengan ujung belakang tail light hingga desain jok jelas beda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Namun Beta tetap mempertahankan desain RR yang ramping, cantik, seksi, dan jenjang ala supermodel Italia. Apalagi Beta RR terbaru dibalut baju dengan kombinasi warna merah, putih, dan hitam yang sangat serasi sehingga membuatnya tampil begitu keren!

Nah, redesign yang dilakukan oleh Beta pada motor enduro RR series generasi terbaru ternyata nggak cuma di bagian bodywork. Faktanya sasis motor ini pun dirancang ulang dengan bentuk yang sangat berbeda dengan RR series model year 2019. Perancangan ulang sasis diklaim oleh Beta berkontribusi menurunkan bobot total motor hingga 1 kg dibandingkan dengan gen sebelumnya. Oh ya, perubahan desain sasis juga membuat motor memiliki geometri baru dan punya tingkat kekakuan sasis yang lebih baik.

Selain peracangan ulang pada bodywork dan sasis, perancangan ulang juga menyasar di bagian mesin terutama mesin 4-tak. Perubahan besar-besaran memang terjadi di mesin 4-tak, sedangkan di mesin 2-tak  hanya mendapatkan update ringan. Pada mesin 4-tak fokusnya adalah membuat mesin lebih efisien dan sistem pendinginan lebih baik. Temen-temen bisa melihat apa saja update mesin yang diberikan oleh Beta pada seluruh varian motor enduro model year 2020 berikut:

Update Mesin Beta RR 4T 350/390/43/480

  • Mesin dirancang ulang untuk mengurangi bobot dan banyaknya komponen yang bergerak dengan memposisikan kopling lebih ke atas dan menggeser crankshaft agak ke belakang.
  • Pusat gravitasi dipindah lebih dekat dengan pivot swing arm agar handling menjadi lebih baik.
  • Cover kopling yang terubat dari bahan magnesium dirancang ulang agar aliran oli ke kopling lebih maksimal.
  • Cover flywheel juga dirancang ulang, terbuat dari bahan magnesium.
  • Mesin 4-tak mendapatkan water pump baru dalam rangka meningkatkan efisiensi pendinginan mesin, menjaga suhu tetap rendah, meningkatkan performa mesin, dan menyediakan sistem pendinginan yang lebih sederhana.
  • Cylinder head dirancang ulang agar sesuai dengan sistem pendingin baru yang telah berubah.
  • Lintasan oli dirancang ulang untuk memperbaiki perpindahan panas antara oli dan air di bagian depan crankcase untuk menjaga suhu oli tetap rendah.
  • Kopling dengan bentuk kampas yang telah dirancang ulang lengkap dengan material baru untuk memastikan perpindahan gigi berjalan dengan mulus.
  • Sistem gear dirancang ulang, sekarang lebih pendek dan lebih ringan.
  • Tuas perpindahan gigi dirancang ulang agar sesuai dengan bentuk mesin dan sasis yang baru.
  • Mendapatkan tambahan sensor netral.
  • Mapping EFI mendapatkan update.

Update Mesin Beta RR 2T 250/300 Model Year 2020

  • Counter-balancer baru untuk mengurangi getaran dengan cara meningkatkan inertia dan kurva power delivery.
  • Cylinder head dirancang ulang (khusus 250) untuk meningkatkan torsi pada rpm rendah.

Menurut rencana motor enduro Beta RR model year 2020 akan tersedia di pasaran mulai Juli 2019. Jadi begitu launching langsung ready di pasaran. Tapi buat para penggemar Beta di Indonesia mesti sedikit bersabar. Biasanya butuh waktu yang agak lama sampai motor-motor ini sampai di Indonesia. Kalau nggak kuartal keempat 2019 ya mungkin melesetnya sampai dengan awal tahun 2020 motor-motor ini baru bisa dinikmati di Tanah Air melalui distributor resmi Beta Motor Indonesia. Secara brand Beta memang kalah pamor dibandingkan dengan KTM atau Husqvarna. Tapi soal performa sih saya yakin nggak. Buktinya Beta begitu mendominasi ajang balap EnduroGP lewat Steve Holcombe. Cuma distributor atau importirnya di sini yang sering gonta-ganti membuat brand Beta nggak bisa berkembang sebagus KTM atau Husqvarna.

Advertisements