• Home »
  • Article »
  • Foto Baby X-ADV Akhirnya Nongol, Rilis di GIIAS 2019, Harga Rp 30 Jutaan?

Foto Baby X-ADV Akhirnya Nongol, Rilis di GIIAS 2019, Harga Rp 30 Jutaan?

Belakangan memang sangat santer tersiar kabar yang menyebutkan bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) sedang mempersiapkan skutik baru dengan genre adventure. Banyak yang menyebut skutik itu bakal diberi nama Honda X-ADV 150. Ada pula yang menyebutkan dengan nama Honda ADV 150. Paling gampang kita menyebutnya dengan nama baby X-ADV sampai saat perilisan nanti. Asyiknya, menjelang perilisan sudah muncul foto-foto baby X-ADV yang sangat gamblang di media sosial. Bukan foto spy shot, melainkan benar-benar foto yang dilakukan oleh profesional untuk keperluan iklan baby X-ADV.

Dari foto-foto yang beredar sangat terlihat jelas baby X-ADV punya garis desain yang mirip dengan X-ADV. Desainnya benar-benar sangat keren dan menunjukkan bahwa ini sebuah motor skuter petualang, tapi skuter petualang yang besar sehingga hampir bisa dipastikan motor ini nyaman diajak berpetualang jarak jauh. Bukan skuter petualang mini yang ringkas. Gurat desain body baby X-ADV terlihat tajam, di area depan terpasang windscreen yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, stang fatbar yang terekspose layaknya motor trail, travel suspension lebih tinggi dibandingkan dengan skuter pada umumnya, knalpot yang dibikin menjulang tinggi, dan diameter ban depan ukurannya sedikit lebih besar daripada yang belakang namun masih mengandalkan velg cast (palang). Satu hal yang mungkin dari sisi penampilan agak minus adalah suspensi depan masih mengandalkan model teleskopik yang membuatnya tampak cungkring dibandingkan dengan body-nya yang gede. Selebihnya perfect!

Gimana dengan mesin mas? Sejauh ini belum ada info mengenai spesifikasi mesin. Tapi kalau pakai mesin 150 cc kemungkinan besar ya basisnya cukup identik dengan milik PCX 150. Konon kabarnya baby X-ADV bakal menjadi produk global yang dijual ke berbagai negara di dunia, jadi besar peluangnya selain menggunakan mesin 150 cc juga akan tersedia versi mesin 125 cc. Bukan rahasia lagi negara-negara lain di dunia, khususnya Eropa, lebih familiar dengan mesin 125 cc ketimbang 150 cc. Kalau market Indonesia dan negara-negara Asia preferensinya ke mesin 150 cc ya…

Menurut selentingan kabar yang beredar baby X-ADV akan diluncurkan hari ini bertepatan dengan hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Untuk harga, kemungkinan besar lebih mahal dibandingkan dengan PCX 150, tapi masih berada di angka Rp 30 jutaan. IMHO baby X-ADV cocok dipinang bagi para penggemar petualang yang mendambakan motor simple dan nyaman dengan harga murah. Rider nggak perlu sibuk main kopling dan ngoper gigi namun tetap mendapatkan motor yang keren dan gagah, meskipun di satu sisi masih punya kelemahan nggak bisa lebih nakal di jalur off-road. Ya ini lebih ke arah motor touring yang bertampang adventure. Dibandingkan X-ADV harganya pasti jauh lebih murah. Lha wong X-ADV sekarang dijual AHM harganya Rp 450 juta kok. Tunggu saja keterangan resmi AHM hari ini ya!

Advertisements