Skuter Petualang AHM Resmi Diluncurkan, Namanya Honda ADV 150

Hari ini (18/7/2019) bertepatan dengan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya secara resmi memperkenalkan produk baru dengan genre skuter petulang. AHM memberi nama produk ini dengan sebutan Honda ADV 150. Praktis ADV 150 menjadi adik kandung paling dekat dengan skuter petualang jumbo X-ADV yang dibandrol AHM dengan harga mulai dari Rp 450 juta. Terus berapa bandrol harga ADV 150 mas?

Setelah resmi diluncurkan, terlihat jelas wujud ADV 150 nggak berbeda dibandingkan dengan sejumlah foto yang muncul sebelum peluncuran. Sama persis! Aura skuter petualang memang terlihat jelas di ADV 150, mulai dari depan hingga belakang dengan desain yang “mendekati” kakaknya, X-ADV, yang lekukan-lekukan desainnya tegas dan tajam. Sama seperti X-ADV, ADV 150 juga dilengkapi windscreen namun ukurannya medium yang bisa disetel ketinggiannya secara mekanis. Beda dengan windscreen X-ADV yang setelannya bisa dilakukan secara elektronik. Kemudian stang ala motor trail dengan model fatbar dan terpampang jelas nggak tertutup oleh plastik body. Jadi kalau mau ganti stang fatbar yang lebih lebar dengan kualitas lebih baik seperti buatan Renthal, ProTaper, atau NEKEN bisa dilakukan dengan mudah.

Kemudian beralih ke sektor ban, ADV 150 menggunakan diameter ban yang berbeda antara yang depan dan belakang. Layaknya motor petualang lain, ADV 150 pakai ban depan dengan diameter lebih besar (14 inch), sedangkan ban belakang lebih kecil (13 inch). Ini dilakukan untuk memperkuat aura adventure si skuter. Sayangnya velg yang dipakai model cast. Bakal lebih nice kalau AHM menyematkan velg jari-jari ya. Tapi ini bisa diganti dengna mudah nanti oleh konsumen sendiri. Satu lagi yang sedikit minus, suspensi depan ADV 150 tampak kurus dan kecil kalau dibandingkan dengan body-nya yang gambot. Beruntung desainer Honda merancang ADV 150 dengan sangat baik sehingga kurusnya suspensi depan ini agak tertutupi. Suspensi belakangnya sendiri khas skuter jumbo memiliki dua buah suspensi. Cakepnya suspensi belakang ADV 150 sudah ada tabungnya. Jok lebar yang bisa dipastikan sangat nyaman untuk perjalanan petualang jarak jauh, instrument cluster full digital, lampu-lampu full LED, dan yang ikonik rear fender identik dengan Vario 150.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa mesin ADV 150 identik dengan milik PCX 150, menggunakan mesin 149,3 cc, 4-tak, SOHC, bertransmisi otomatis yang sudah dilengkapi dengan teknologi eSP dan Idling Stop System. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 14,5 PS/8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm/6.500 rpm. ADV 150 akan tersedia dalam dua versi, yaitu ADV 150 CBS dan ADV 150 ABS. Pilihan warna yang CBS antara lain Tough Matte Brown, Tough Red, Tough Matte Black, dan Tough Silver, sedangkan pada versi ABS tersedia dua pilihan warna antara lain Advance Red dan Advance White. IMHO warna Advance Red bakal jadi idola karena mirip dengan X-ADV.

Intinya adalah AHM telah melakukan hal yang luar biasa dengan meluncurkan produk yang sangat keren. Susah bilang ADV 150 nggak keren. Asli susah! Baik penggemar motor petualang maupun bukan, pasti banyak yang sepakat ADV 150 cakepnya luar biasa. Di pasaran, ADV 150 belum punya pesaing, meskipun motor ini juga berpotensi menggerus penjualan saudaranya, PCX 150, dan Yamaha NMAX. Buat yang nggak kuat beli X-ADV, rasanya ADV 150 sudah cukup untuk mengobati. Soal harga kayaknya belum keluar. Tapi kabarnya ada di angka Rp 34 jutaan untuk versi CBS. Versi ABS jelas lebih mahal lagi.

Oh ya sekedar mengingatkan buat temen-temen, walaupun ADV 150 tergolong sebagai skuter petualang dengan travel suspension dan ground clearance yang lebih panjang dan lebih tinggi dibanding PCX 150, tapi sebenarnya ground clearance motor ini nggak tinggi-tinggi amat. Jadi kalian tetap kudu tahu diri ketika membawa ADV 150. Jalan aspal mulus sampai dengan jalanan gravel masih oke. Asal jangan dipakai trabas ya! Hehehe.. Cukup buat touring adventure saja yang lintasannya didominasi oleh aspal.

Advertisements