Bengkel Resmi KTM PJLM Punya Alat Diagnosis Canggih Bernama XC-2

Mulai tahun 2019 ini dualisme KTM di Indonesia berdamai sehingga dua distributor resmi yang ada bisa berkolaborasi bersama-sama dalam mengembangkan brand KTM. Imbasnya konsumen bisa dengan mudah mendapatkan motor KTM karena tidak ada lagi cluster-cluster. Jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi yang sebelumnya hanya menjual dirt bike dan big bike KTM sekarang juga bisa menjual street bike di bawah 400 cc. Di sisi lain jaringan dealer PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang dulu hanya berhak menjual street bike di bawah 400 cc sekarang ikut memasarkan dirt bike dan big bike. Unitnya dari mana? Street bike under 400 cc yang dijual oleh jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi berasal dari PT Penta Jaya Laju Motor. Begitu pula sebaliknya, dirt bike dan big bike yang dipasarkan oleh PT Penta Jaya Laju Motor beserta jaringanya berasal dari PT Premium Motorindo Abadi. Boleh dibilang ini win-win solution buat semuanya. Ya buat PT Premium Motorindo Abadi, PT Penta Jaya Laju Motor, dan juga konsumen.

Karena sudah mulai menjual dirt bike dan big bike, KTM PJLM membekali bengkel resminya dengan sebuah alat diagnosis canggih bernama XC-2 atau Cross Check edisi yang kedua. Yups, XC-2 merupakan pengembangan lebih lanjut atau alat diagnosis motor KTM generasi terbaru setelah XC-1. Jadi XC-2 itu bentuknya seperti tablet yang nantinya dihubungkan ke motor ketika teknisi akan melakukan servis. Dari situ teknisi bisa mengetahui riwayat motor dan mengetahui berbagai macam permasalahan yang ada pada motor dengan cepat dan tepat. Nggak ada lagi istilah trial and error dalam memperbaiki motor karena berbagai masalah bisa dideteksi dengan tepat oleh XC-2. Saking canggihnya XC-2, alat yang satu ini bisa mendeteksi saat teknisi melakukan pengencangan baut-baut mesin secara tidak tepat (tingkat kekencangan torsi baut tidak sesuai standar manual KTM). Bahkan ketika alat ini mendeteksi sebuah kerusakan, outputnya bukan hanya sekedar kode-kode angka, melainkan bisa mendeskripsikan komponen yang rusak secara detail hingga dalam bentuk sketsa gambar 3D. Sangar tho??

Menariknya lagi, XC-2 terhubung dengan jaringan cloud server KTM di Austria. Buat pembeli motor resmi KTM tentu sangat menyenangkan lantaran berbagai macam riwayat motor tersimpan dengan baik plus garansi bisa terjaga, bisa mendapatkan update informasi teknis dari pusat, selalu mendapatkan update software (jika ada), dan lain-lain. Tapi menjadi malapetaka bagi para pembali motor KTM yang bukan berasal dari distributor resmi. Kenapa? Karena motornya bukan barang resmi, maka nggak terdaftar dan nggak bisa melakukan perbaikan, update software, dan lain-lain di jaringan dealer resmi KTM di Indonesia.

Sekedar informasi aja, XC-2 Tools bisa mendeteksi berbagai macam penyakit hampir seluruh lineup motor KTM, mulai dari street bike kecil KTM 200/250/390 Duke dan KTM RC 200/250/390; big bike KTM 790 Adventure series, KTM 1050 Adventure series, KTM 1090 Adventure series, hingga KTM 1290 Super Adventure series; serta dipakai di motor enduro KTM EXC/EXC-F pun bisa. Tapi yang wajib punya XC-2 adalah dealer resmi KTM yang menjual big bike. Maka untuk sementara waktu XC-2 Tools baru akan tersedia di tujuh dealer/bengkel resmi KTM PJLM yang menjual big bike lengkap dengan teknisi bersertifikat standar KTM International yang bakal menangani motor KTM tersebut!

Advertisements