Transmisi Bermasalah, Honda Recall CRF250L dan CRF250L Rally

Brand motor asal Jepang, Honda, baru saja mengumumkan aksi penarikan kembali (recall) dua motor dual sport seperempat liter andalannya, yaitu CRF250L dan CRF250L Rally (di Indonesia namanya CRF250RALLY). Recall ini juga berlaku untuk sejumlah motor Honda lainnya dengan basis mesin sama, antara lain CB300R, CBR300R, dan CMX300 dengan total motor yang terkena dampak recall sebanyak 3.898 unit yang kebanyakan motor model year 2018 dan sebagian kecil model year 2019. Khusus untuk CRF250L dan CRF250L Rally yang kena dampak sebanyak 2.130 unit. Memang apa masalahnya?

Jadi menurut pemberitaan sejumlah media di luar negeri, recall dilakukan karena mainshaft (as) pada sistem transmisi tidak dicetak dengan baik oleh mesin saat proses produksi yang membuat circlip tidak duduk dengan sempurna di mainshaft. Hal ini bisa membuat circlip longgar hingga copot yang berujung merusak sistem gear. Apa yang terjadi selanjutnya? Imbas yang paling parah adalah transmisi bisa berpindah sendiri dari netral menjadi gigi masuk saat mesin menyala. Tentu saja ini bisa membuat bergerak tidak terkendali tanpa disadari oleh rider. Kondisi tersebut berpotensi besar menghasilkan kecelakaan sampai cidera. Oleh karena itu proses recall dilakukan oleh manufaktur.

Untuk melakukan perbaikan ini konsumen yang telah membeli CRF250L, CRF250L Rally, CB300R, CBR300R, dan CMX300 bisa membawa motor mereka masing-masing ke dealer Honda terdekat. Dealer akan mengganti sistem transmisi dengan mainshaft baru yang tidak cacat secara gratis. Tapi recall ini baru diumumkan secara terbuka untuk motor-motor CRF250L, CRF250L Rally, CB300R, CBR300R, dan CMX300 yang dipasarkan di Amerika Serikat. Bagaimana dengan di negara lain, termasuk Indonesia? Untuk market Indonesia sih sejauh ini belum ada keterangan resmi secara terbuka dari PT Astra Honda Motor (AHM). Kalaupun ada recall mungkin AHM langsung menghubungi konsumen karena yang dijual di Indonesia hanya CRF250L Rally (CRF250RALLY) dan populasinya pun nggak banyak kok.

Advertisements