Brand Italia “SWM Motorcycles” Positif Masuk ke Indonesia

Guys… Ada kabar bagus banget nih buat para penggemar motor trail. Pasalnya brand motor asal Italia, SWM Motorcycles, hampir bisa dipastikan bakal berjualan di Indonesia. Distributornya udah ada di Tanah Air, beberapa unit motor sebagai unit test ride juga sudah ada. Bahkan jadwal soft launching SWM Motorcycles Indonesia pun sudah ada, yaitu pada 3-4 Agustus 2019 bertepatan dengan event Bogor Hard Enduro di Sirkuit Kampung Ulin, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Terus varian motor apa saja yang akan masuk dan dijual di Indonesia?

Sebenarnya SWM itu punya banyak varian motor. Ada motor enduro, supermoto, adventure, hingga street bike dengan aura retro yang kental pun ada semuanya. Lengkap! Tapi pada dasarnya core dari brand SWM itu adalah motor enduro. Jadi jangan heran kalau nanti SWM Motorcycles Indonesia bakal cukup fokus menggarap market motor enduro maupun supermoto. Baik tipe enduro maupun supermoto menggunakan basis mesin, rangka, suspensi, hingga bodywork yang sama. Perbedaan paling-paling hanya di sektor ban, final gear ratio, dan sejumlah settingan lainnya yang tidak kasat mata.

Untuk motor enduro, akun Instagram @smw_indonesia memberikan kepastian bahwa mereka akan memasukkan SMW RS 250 R, sedangkan versi supermoto yang masuk adalah SWM SM 250 R. Ini memang agak aneh karena di website resmi SWM Motorcycles (swm-motorcycles.it), brand motor asal Italia ini cuma punya motor enduro RS 125 R, RS 300 R, dan RS 500 R. Nggak ada varian RS 250 R. Begitu juga pada versi supermoto, SWM Motorcycles hanya memiliki SM 125 R dan SM 500 R. Tapi bisa jadi RS 250 R dan SM 250 R merupakan special order dari SWM Motorcycles Indonesia, di mana market Indonesia lebih familiar dengan mesin 250 cc daripada 300 cc atau 500 cc. Basisnya bisa mengambil dari RS 300 R yang diturunkan sedikit kapasitas mesinnya jadi 250 cc.

Mungkin temen-temen banyak yang penasaran, kenapa kok nggak tetap dijual dengan mesin 300 cc (RS 300 R & SM 300 R)? Toh motor-motor enduro lain seperti KTM, Husqvarna, dan Sherco mereka juga jualan di Indonesia dengan mengandalkan mesin 350/450/500. Nah, sepertinya ini yang bakal menjadi pembeda antara SWM dengan KTM, Husqvarna, Sherco, atau Beta. KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, dan brand-brand lain menjual motor enduronya secara off the road, tanpa surat-surat. Jadi pure motor off-road yang nggak legal dipakai di jalan raya. Tapi SWM berbeda, mereka akan menjual produk mereka secara on the road alias lengkap dengan surat-surat sehingga legal dipakai di jalan raya. Bisa terlihat dari unit test ride RS 250 R yang sudah ada di Indonesia dilengkapi dengan lampu-lampu yang komplit, konsol speedometer, kaca spion, dan rear fender besar lengkap dengan plate holder. Menurut saya, karena hal tersebut lah SWM Motorcycles Indonesia memilih menjual motor enduro dan supermoto dengan mesin 250 cc karena mesin hingga 250 cc belum kena PPN BM yang membuat harga motor full paper nanti masih reasonable.

Sekilas tentang SWM, brand yang satu ini telah berdiri pada tahun 1971, tapi kemudian gulung tikar pada 1984. Umurnya sangat singkat. SWM di bawah komando Ampelio Macchi, yang seorang eks engineer Cagiva, Aprilia, dan Husqvarna kemudian menghidupkan lagi brand ini dengan dukungan finansial dari perusahaan China, Shineray. Melalui dukungan Shineray ini membuat SWM bisa membeli fasilitas pabrik milik Husqvarna yang berada di Italia. Jadi pada tahun 2013 Husqvarna yang saat itu masih dikuasai oleh BMW dibeli oleh KTM. Tapi KTM cuma beli brand Husqvarna saja, tanpa ikut membeli fasilitas pabrik milik Husky. Pabriknya dibeli oleh SWM. Belum cukup sampai di situ, SWM juga ikut merekrut mantan karyawan Husqvarna dan membeli banyak sekali patent-patent produk yang dimiliki oleh Husqvarna di era BMW. Makanya jangan heran kalau mesin dan sasis yang dipakai di sejumlah motor SWM itu identik dengan Husqvarna pada masa lampu sebelum Husqvarna jatuh ke tangan KTM. Bahkan boleh dibilang produk motor enduro SWM sama dengan Husqvarna reborn. Mesin, sasis, dan bodywork sangat identik dengan Husqvarna lawas. So, buat temen-temen yang mau nostalgia dengan produk Husqvarna lawas rasanya produk SWM bisa jadi pilihan. Soal harga masih belum ada info, tunggu aja konfirmasi resmi dari SMW Motorcycles Indonesia saat soft launching 3-4 Agustus 2019 mendatang!

Advertisements