• Home »
  • Article »
  • Beta RR Racing Model Year 2020 Dirilis Sekitar Oktober – November 2019

Beta RR Racing Model Year 2020 Dirilis Sekitar Oktober – November 2019

Brand asal Italia, Beta Motorcycles, belum lama ini meluncurkan lineup motor enduro RR series model year 2020. Tapi yang diluncurkan adalah varian standar yang terdiri dari mesin 2-tak Beta RR 2T 125/200/250/300 dan mesin 4-tak Beta RR 4T 350/390/430/480. Sudah lazim selain mengeluarkan varian motor enduro standar Beta juga mengeluarkan edisi Racing. Yang jelas ada sejumlah perbedaan antara varian standar dengan varian Racing, mulai dari komponen yang dipakai hingga settingan mesin dan suspensi yang berbeda. Pastinya varian Racing jauh lebih siap dipakai balap meskipun varian standar juga sudah memiliki performa beringas. Lalu kapan varian Racing diperkenalkan kepada publik?

Menurut informasi dari Export & Marketing Manager Beta Motorcycles Stefano Soldani yang dikutip dari Enduro21.com, disebutkan bahwa Beta cukup sibuk dalam mengembangkan motor enduro generasi terbaru model year 2020 yang benar-benar sangat berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Banyak sekali lompatan yang dilakukan oleh Beta sehingga motor enduro model year 2020 memiliki performa dan kenyamanan jauh lebih baik. Nggak heran kalau akhirnya Beta agak terlambat dalam meluncurkan generasi terbaru. Biasanya motor enduro terbaru yang versi standar diluncurkan pada bulan Juni setiap tahunnya. Tapi kali ini molor hingga Juli. Sehingga motor enduro versi Racing yang bisanya rilis pada bulan Oktober kemungkinan untuk model year 2020 bisa molor hingga November 2019.

“Kami biasanya mempresentasikan model standar pada bulan Juni dan model Racing pada bulan Oktober. Tahun ini, karena pekerjaan besar yang kami memiliki untuk menggarap model generasi terbaru, kami mempresentasikan motor itu agak telat dan para versi Racing kemungkinan dipresentasikan sekitar Oktober atau November 2019. Kami memilih mempresentasikan versi standar dan Racing dalam momen yang terpisah,” ungkap Stefani Soldani.

Salah satu bocoran perbedaan antara Beta RR Standard dan Beta RR Racing model year 2020 khususnya pada mesin 2-tak adalah di sistem pencampuran antara bahan bakar dan oli samping. Pada versi standar pencampuran bahan bakar dan oli dilakukan oleh sistem secara otomatis karena di motor itu telah dilengkapi dengan oil injection dan tabung oli samping. Pengendara nggak perlu melakukan pencampuran bahan bakar dan oli secara manual ketika mengisi bahan bakar sehingga lebih praktis. Tapi pada versi Racing sistem pencampuran bahan bakar dan oli samping justru dilakukan secara manual karena motor nggak dilengkapi dengan oil injection dan oil tank. Apakah ini sebuah kemunduran? Tentu nggak dong! Konsumen yang nggak mau ribet bisa langsung pilih model standar. Semuanya diatur oleh sistem. Namun konsumen yang orientasinya balap, bisa mencampur oli dan bahan bakar sendiri pada varian Racing. Banyak sedikitnya oli yang dicampurkan tergantung dari kebutuhan si rider.

Advertisements