• Home »
  • Article »
  • Brand Lokal “SDR” Siapkan Motor Trail Elektrik, Bentuknya Cukup Meyakinkan!

Brand Lokal “SDR” Siapkan Motor Trail Elektrik, Bentuknya Cukup Meyakinkan!

Guys… Siapa yang menyangka ternyata ada brand motor lokal bernama Sugeng Darma Rizki (SDR). Brand yang dimiliki oleh PT Arindo Pratama ini diketahui diketahui sedang mengembangkan motor trail elektrik. Bahkan dari kabar yang ditulis oleh detikOto, PT Arindo Pratama sudah mengajukan uji laik jalan trail elektrik SDR ke Dirjen Industri Logam, Alat Transportasi, dan Elektronika. Menariknya ada dua versi prototipe trail elektrik dari SDR ini. Seperti apa?

Prototipe yang pertama menggunakan frame yang agak mirip dengan frame Kawasaki KLX150. Nggak sama plek, tapi bisa dibilang mirip. Frame ini kemudian dibalut bodywork yang cukup mirip dengan bodywork Gordon’s untuk KLX150. Jadi cukup unik juga, meskipun trail elektrik yang notabene nggak perlu tangki bahan bakar tapi pada trail SDR ini masih ada tangkinya. Di bawah tangki ini baru lah terdapat motor listrik dan baterai yang kapasitasnya cukup besar. Praktis tangki bahan bakar nggak ada fungsinya, hanya sebagai pemanis agar bentuk terlihat proporsional.

Pada prototipe yang kedua menurut saya punya bentuk yang lebih oke. Frame mirip seperti punya Honda CRF230F. Banyak sih replika frame ini di pasaran seperti merek SND. Kemudian frame ini dibalut dengan bodywork yang cukup proporsional berwarna hitam lengkap dengan jok berwarna merah. Suspensi depan masih menggunakan model teleskopik, suspensi belakang mono shock dengan linkage, ban full size ring 18-21 inch, rem cakram depan-belakang, dan pakai stang fatbar khas motor trail. Seperti prototipe yang pertama, prototipe kedua ini masih dilengkapi dengan tangki bahan bakar. Padahal kita ketahui trail elektrik nggak membutuhkan bahan bakar minyak. Ya ini hanya sebagai pemanis saja. Nah, di bawah tangki bahan bakar terdapat baterai dan motor listrik yang dihubungkan ke roda belakang menggunakan rantai dan gear. Tapi perlu diingat, motor ini nggak dilengkapi dengan mekanisme gear shifting. Bisa temen-temen lihat di footpegs kiri nggak ada tuas transmisi, lalu di handlebar kiri juga nggak ada tuas kopling.

Sejauh ini trail elektrik SDR telah diuji coba di jalan raya dan di medan off-road. Menurut rencana, trail SDR akan menggunakan baterai dengan jenis lithium sehingga besar kemungkinan memiliki bandrol harga yang mahal. Ancer-ancer bandrol harga yang direncanakan sekitar Rp 70 jutaan. Ya memang mahal, tapi paling nggak bentuknya sudah sangat identik dengan motor trail beneran. Beda dengan trail elektrik Viar yang lebih mirip seperti mountain bike (MTB).

Advertisements