Mencermati Jurus Jitu AHM Keluarkan Motor Baru Honda ADV 150

Hola mas bro… PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini secara resmi meluncurkan motor baru yang begitu menyedot perhatian publik. Nggak cuma di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Motor itu namanya adalah Honda ADV 150, diluncurkan pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2019 atau persis seminggu yang lalu. Sebagai skuter, ADV 150 memiliki styling yang sangat keren karena desainnya ala skuter adventure X-ADV dengan kapasitas mesin 745 cc dua silinder yang dirancang oleh pusat R&D Honda Eropa di Italia kemudian dijual oleh AHM di Indonesia dengan harga Rp 450 juta. Menurut saya langkah AHM meluncurkan ADV 150 tergolong sebagai jurus jitu. Kenapa?

IMHO ADV 150 merupakan skuter PCX 150 dengan baju yang berbeda. Kedua motor itu pakai basis mesin dan sasis yang sama. Kalau ada sejumlah perbedaan detail dan settingan baik itu di mesin maupun sasis tentu sangat wajar karena menyesuaikan dengan desain maupun karakter si motor baru. ADV 150 dikasih baju yang gayanya mirip dengan skuter petualang X-ADV. Diameter ban depan dan belakang dibikin beda untuk memberikan kesan petualang. Travel suspension dibuat sedikit lebih panjang juga agar kesan petualang menjadi lebih terasa. Belum lagi suspensi belakang yang berjumlah dua buah itu mendapatkan tambahan tabung sehingga terkesan kuat khas motor petualang. Jadi AHM memang seperti ingin memberikan iming-iming adventure pada ADV 150.

Terus kenapa dikasih nama ADV 150? Kok nggak pakai nama X-ADV 150 seperti kakanya (X-ADV)? Ya itulah sisi lain kecerdikan AHM. Di Indonesia maupun di negara-negara lain banyak yang mengkonotasikan ADV = ADVENTURE alias petualang. Namun sayangnya ADV 150 nggak dirancang sebagai motor adventure. Cuma tampilannya saja yang adventure dengan kemampuan adventure yang amat sangat minim. Beda total dengan kakaknya si X-ADV yang benar-benar mampu melibas medan on-road dan off-road sekaligus. Menurut kamusnya AHM, arti ADV pada ADV 150 itu bukan ADVENTURE, melainkan ADVANCE. Banyak yang tertipu di sini ya. Pasti banyak yang mengira arti ADV sebagai adventure. Hehehe… Makanya jangan heran kalau AHM tidak melabeli ADV 150 sebagai skuter adventure, tapi sebagai urban explorer. Karena itu pula namanya hanya ADV 150, bukan X-ADV 150. Soalnya huruf “X” pada sebuah motor masa kini lebih banyak mengacu kepada cross, trabas, off-road, adventure, atau kotor-kotoran (dirt).

So, buat kalian yang pengen meminang ADV 150 karena kerennya styling adventure mirip X-ADV ya monggo. Nggak bisa dipungkiri desainnya memang keren abis. Apalagi harga yang ditawarkan juga masih sangat reasonable meskipun lebih mahal daripada PCX 150 dan Yamaha NMAX 150. ADV 150 CBS (Combi Brake System) dibandrol Rp 33,5 juta on the road Jakarta sedangkan ADV 150 ABS (Anti-Lock Braking System) harganya Rp 36,5 juta on the road Jakarta. Tapi jangan banyak berharap motor ini punya kemampuan adventure ya! Kalau pengen motor adventure yang benar-benar punya kemampuan adventure opsinya dari Honda tetap motor-motor mahal seperti CRF250RALLY, CRF1000L Africa Twin, dan X-ADV.

Advertisements