Recap Separuh Musim World Enduro Super Series (WESS) 2019

Guys… Balap enduro multi disiplin World Enduro Super Series (WESS) 2019 telah melewati separuh musim dengan memperlombakan empat seri dari total delapan seri yang akan digelar sepanjang tahun ini. Serial yang sudah terlewati antara lain Extreme XL Lagares (Portugal), Trefle Lozerien AMV (Perancis), ErzbergRodeo (Austria), dan Hixpania Hard Enduro (Spanyol). Sekarang kita bakal bahas recap WESS 2019 sepanjang separuh musim pertama, terutama buat temen-temen yang kurang mengikuti atau terlewat informasi mengenai kompetisi ini.

Extreme XL Lagares – Portugal

WESS 2019 dibuka dengan kompetisi extreme enduro bernama Extreme XL Lagares yang diselenggarakan Portugal. Pembalap Sherco Factory Racing Mario Roman menjadi pemenang pada seri pembuka yang jalurnya sangat ekstrem karena melewati alur sungai yang penuh batu dan sangat licin. Posisi kedua ditempati oleh rekan satu tim Mario Roman di Sherco, Wade Young. Lanjut ke posisi ketiga diisi oleh Manuel Lettenbichler (KTM Supported), sedangkan jagoan extreme enduro Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) ada di posisi keempat, dan sang juara Extreme XL Lagares 2018 Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) kelima. Praktis setelah menjalani seri perdana ini Mario Roman berada di puncak klasemen sementara WESS 2019 dengan mengumpulkan 1.000 poin, disusul oleh Wade Young (850 poin), Manuel Lettenbichler (770 poin), Graham Jarvis (690 poin), dan Billy Bolt (610 poin).

Trefle Lozerien AMV – Perancis

Berbeda dengan seri perdana yang bergenre extreme enduro, seri kedua WESS 2019 dengan nama Trefle Lozerien AMV di Perancis memiliki genre classic enduro. Mereka mesti membalap dengan tingkat kesulitan yang rendah namun kecepatan tinggi. Praktis nggak banyak pembalap extreme enduro yang bisa berbuat banyak di sini. Bahkan Graham Jarvis, Mario Roman, dan Wade Young memilih tidak ambil bagian di Le Trefle. Yang bisa berbuat banyak tentunya adalah para pembalap yang punya basic classic enduro. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Josep Garcia dan Nathan Watson sanggup berkuasa di sini dengan menempati podium pertama dan ketiga, sedangkan podium kedua diisi oleh Jamie McCanney (Yamaha). Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah gelaran 33 tahun Le Trefle, kompetisi ini dimenangkan oleh pembalap non-Perancis. Bahkan pada gelaran Le Trefle 2019 ini nggak ada satupun pembalap Perancis yang masuk ke podium. Pemenang Le Trefle 2019 Josep Garcia berasal dari Spanyol, kemudian Jamie McCanney dan Nathan Watson dari Inggris. Bisa dibilang tahun 2019 menjadi neraka bagi pembalap tuan rumah. Maka posisi pembalap di klasemen sementara WESS 2019 setelah seri kedua pun mengalami perubahan. Josep Garcia naik ke posisi pertama klasemen sementara WESS 2019 dengan mengumpulkan 1.340 poin, disusul oleh Manual Lettenbichler yang naik ke posisi kedua dengan 1.110 poin, Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) ketiga mengumpulkan sebanyak 1.030 poin, dan Nathan Watson naik ke posisi keempat dengan 1.016 poin. Sementara itu Mario Roman dan Wade Young yang nggak tampil di Le Trefle otomatis posisinya turun.

ErzbergRodeo – Austria

Pada seri ketiga WESS 2019 kembali memperlombakan balap extreme enduro, yaitu ErzbergRodeo yang berlangsung di Austria. Di kompetisi extreme enduro fenomenal ini pembalap-pembalap extreme enduro seperti Graham Jarvis, Mario Roman, dan Wade Young kembali beraksi sehingga mereka berupaya maksimal mendulang poin agar bisa meraih posisi terbaik di klasemen. Nah, ErzbergRodeo akhirnya dimenangkan oleh pembalap gaek yang sudah kenyang pengalaman, Graham Jarvis, sekaligus membuat pembalap yang satu ini sukses meraih kemenangan di Erzberg sebanyak lima kali. Podium kedua ditempati oleh Manuel Lettenbichler dan podium ketiga menjadi milik Mario Roman. Alfredo Gomez (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) dan Wade Young menempati posisi lima besar. Setelah menjalani seri ketiga lagi-lagi kompetisi pembalap di klasemen mengalami perubahan. Manuel Lettenbichler berada di posisi teratas, kemudian Mario Roman kedua, dan Graham Jarvis ketiga. Posisi Josep Garcia turun menjadi keempat dan Jonny Walker kelima.

Hixpania Hard Enduro – Spanyol

Kompetisi WESS 2019 memang masih didominasi oleh extreme enduro. Terlihat dari paruh pertama terdiri dari tiga kompetisi hard enduro dan satu kompetisi classic enduro, termasuk pada seri keempat yaitu Hixpania Hard Enduro di Spanyol juga bergenre extreme enduro. Hixpania Hard Enduro 2019 dimenangkan oleh Graham Jarvis. Lalu podium kedua menjadi milik Alfredo Gomez dan podium ketiga berada di tangan Mario Roman. Imbasnya ya lagi-lagi komposisi pembalap di klasemen sementara mengalami perubahan.

Berikut daftar klasemen sementara WESS 2019 setelah empat seri perdana:

  1. Graham Jarvis (Husqvarna) – 2.690 poin
  2. Manuel Lettenbichler (KTM) – 2.570 poin
  3. Mario Roman (Sherco) – 2.540 poin
  4. Alfredo Gomez (Husqvarna) – 2.314 poin
  5. Billy Bolt (Husqvarna) – 2.155 poin
  6. Josep Garcia (KTM) – 2.125 poin
  7. Jonny Walker (KTM) – 2.090 poin
  8. Taddy Blazusiak (KTM) – 1.900 poin
  9. Nathan Watson (KTM) – 1.631 poin
  10. Travis Teasdale (KTM) – 1.610 poin

Dari perolehan poin klasemen di atas sebenarnya persaingan antar pembalap dalam memperebutkan gelar juara WESS 2019 masih sangat ketat. Bahkan pembalap di posisi ke-10 pun masih berpotensi juara karena masih menyisakan empat seri lagi dengan total poin maksimal yang bisa dikumpulkan adalah 4.000 poin. Namun menariknya, dari total empat seri tersisa terdiri dari dua serial extreme enduro serta dua serial lainnya terdiri dari cross-country dan classic enduro. Pada serial extreme enduro Red Bull Romaniacs (Romania) dan GetzenRodeo (Jerman) hampir bisa dipastikan menjadi milik pembalap extreme enduro macam Graham Jarvis, Manuel Lettenbichler, Mario Roman, Wade Young, dan lain-lain, sedangkan Josep Garcia dan Nathan Watson diprediksi bisa mendulang poin maksimal di Hawkstone Park Cross-Country (Inggris) dan BR2 Enduro Solsona (Spanyol). Graham Jarvis sendiri mengaku tahun ini hanya ingin fokus di kompetisi extreme enduro. Terbukti dia nggak ikut ambil bagian di Le Trefle yang notabene bergenre classic enduro. Mario Roman dan Wade Young juga kemungkinan absen di Hawkstone Park Cross-Country dan BR2 Enduro Solsona. Siapa yang bakal menjadi The Ultimate Enduro Champion 2019? Tentu masih menjadi misteri. Tapi sangat mungkin kompetisi ini dimenangkan oleh Manuel Lettenbichler, Alfredo Gomez, Billy Bolt, Josep Garcia, atau Jonny Walker yang mengikuti kompetisi ini semusim penuh.

Advertisements