Tim Enduro KTM dan Husqvarna Dirindukan Oleh EnduroGP

Seperti kita ketahui sejak tahun 2018 yang lalu KTM Group yang terdiri dari brand KTM dan Husqvarna secara resmi keluar dari kancah balap Enduro World Championship (EnduroGP). Sejak saat itu nggak ada lagi tim factory KTM dan Husqvarna yang berlaga di EnduroGP. KTM beralasan pamor EnduroGP terus meredup sehingga kurang bisa mendongkrak brand image pabrikan asal Austria meskipun mereka sanggup memenangkan kompetisi. Sebagai gantinya KTM Group membuat kompetisi baru bernama World Enduro Super Series (WESS) dengan mengajak sejumlah pabrikan lain. WESS sendiri merupakan kompetisi enduro multi disiplin yang terdiri dari extreme enduro, classic enduro, cross-country, hingga beach race yang dijadikan dalam satu serial kompetisi sehingga di akhir musim didapatkan seorang jawara enduro sejati alias The Ultimate Enduro Champion lantaran mampu beradaptasi di semua lini disiplin balap enduro.

Setelah dua tahun keluar dari EnduroGP, ternyata KTM masih dirindukan oleh penyelenggara. ABC Communications sebagai promotor Enduro World Championship mengaku ingin kembali melihat KTM dan Husqvarna berada di paddock EnduroGP. Bahkan FIM yang menaungi balap EnduroGP pun telah berdiskusi dengan KTM Group dan meminta mereka kembali berpartisipasi memeriahkan balap EnduroGP. Tapi sayangnya hingga kini belum ada kepastian dari KTM/Husqvarna apakah mereka mau kembali atau tidak.

“Sebagai promotor tentu saja kami ingin melihat KTM/Husqvarna kembali ke paddock bertarung memperebutkan gelar juara. Semua orang di kejuaraan ini pasti menginginkannya karena KTM dan Husqvarna menjadi bagian dari DNA Enduro sejak awal. Pabrikan-pabrikan lain pun ingin bertarung untuk berada di posisi tertinggi dengan kedua brand ini. Aku harap bersama dengan FIM kami bisa menemukan jalan untuk membawa kembali mereka di masa yang akan datang,” ungkap CEO ABC Communications Bastien Blanchard.

Keluarnya KTM Group dari EnduroGP bukannya tanpa perseteruan. Malah saat ini antara KTM Group dan FIM dalam kondisi perang yang belum juga padam. Bukan rahasia lagi FIM ingin KTM Group kembali berkiprah di EnduroGP, di mana kompetisi ini berada di bawah naungan FIM. Namun saat proses negosiasi berjalan alot, FIM menggencet KTM dengan tidak mengakui kompetisi WESS mulai tahun 2020. Pembalap yang bertarung di WESS nggak boleh lagi pakai nomor IMN yang berasal dari federasi di bawah FIM. Imbasnya pembalap-pembalap yang nekat ikut WESS nggak mendapatkan asuransi dari federasi.

Belum lagi ada sejumlah tudingan yang menyebut bahwa kompetisi WESS yang digawangi oleh KTM Group hanya fokus pada balap extreme enduro. Berarti ada tudingan pula kepada KTM Group di mana pabrikan yang satu ini lebih mendukung dan lebih ingin mengembangkan extreme enduro daripada classic enduro seperti EnduroGP. Yups, tudingan itu cukup rasional mengingat dalam dua tahun pertama gelaran WESS, serial balap extreme enduro lebih mendominasi. Contohnya pada WESS 2018 memperlombakan delapan seri balap dengan lima seri di antaranya bergenre extreme enduro, sedangkan tiga seri lainnya campuran antara classic enduro, cross-country, dan beach race. Kemudian pada WESS 2018 yang juga terdapat delapan seri balap komposisinya lima seri bergenre extreme enduro serta tiga sisanya classic enduro dan cross-country. Hal ini membuat peluang juara bagi pembalap dengan basic non-extreme enduro semakin tipis. Padahal konsep WESS adalah gabungan dari berbagai format balap enduro dalam satu kompetisi sehingga menghasilkan The Ultimate Enduro Champion. Menurut FIM, balap extreme enduro nggak bisa digabungkan dalam satu kompetisi dengan classic enduro seperti yang terjadi di WESS. Solusi yang diberikan oleh FIM adalah tetap mendukung penuh balap classic enduro (EnduroGP) dan akan membuat kompetisi baru bernama Extreme Enduro World Cup untuk mengadopsi balapan extreme enduro di level dunia mulai tahun 2021. Kita lihat saja nanti apakah KTM Group tetap ngeyel dengan kompetisi WESS atau malah luluh dengan membubarkan WESS kemudian masuk kembali ke EnduroGP dan ikut di kompetisi baru Extreme Enduro World Cup!

Advertisements