Populasi Kawasaki KLX450R Mulai Banyak Terlihat di Jalur Off-Road

Kawasaki mungkin menjadi salah satu pabrikan motor yang kurang menyentuh segmen motor enduro. Beda dengan di segmen motor motocross yang selalu memberikan update di lini motor andalannya KX250F dan KX450F, pada segmen motor enduro Kawasaki sepertinya agak setengah hati. Terpantau geng ijo cuma punya satu motor enduro tulen yaitu KLX450R yang secara bobot dan performa mungkin agak susah dibandingkan dengan motor-motor enduro lainnya dengan kapasitas mesin sama seperti KTM 450 EXC-F, Husqvarna FE 450, Sherco 450 SEF-R, Honda CRF450X, atau Yamaha WR450F. Bahkan di saat motor-motor enduro lainnya sudah pakai sistem pembakaran injeksi sejak lama, KLX450R hingga kini masih betah pakai sistem pembakaran karburator. Ya walaupun secara fitur, performa, teknologi, dan bobot kalah dari kompetitor, tapi nyatanya Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sempat menjual KLX450R di Tanah Air. Malah belakangan relatif mudah melihat populasi KLX450R di event-event off-road adventure. Kok bisa?

Yups, KMI sebenarnya sudah cukup lama memasarkan KLX450R. Salah satu dealer yang cukup getol menjual varian motor ini adalah Kawasaki Greentech yang markasnya ada di Pekanbaru. Namun karena spesifikasi, fitur, performa, teknologi, dan bobot yang inferior plus bandrol harga normal di atas Rp 100 juta, KLX450R sepi peminat. Stock KLX450R di gudang Kawasaki masih menumpuk. Kawasaki pun putar otak untuk menghabiskan stock lama KLX450R yang masih tersisa di gudang. Diskon besar-besaran menjadi salah satu jurus jitu dalam menghabiskan stock ini.

Sekitar bulan Januari 2019, Kawasaki Motor Indonesia memberikan pengumuman mendiskon KLX450R dengan bandrol harga cuma Rp 59,9 juta off the road. Bayangkan saja, motor yang awalnya dijual Rp 100 juta lebih dikit diturunkan harganya menjadi kurang dari Rp 60 juta. Diskonnya kemungkinan nyaris 50%. Siapa yang nggak mau? Nggak heran kalau saat itu KLX450R jadi rebutan. Konsumen nggak peduli lagi dengan spesifikasi usang atau bobot yang lebih berat dibandingkan dengan produk kompetitor. Yang penting bisa dapat motor enduro tulen yang punya performa sangat oke tapi dengan bandrol harga murah. Hanya dalam hitungan hari stock KLX450R ludes terjual. Oh ya, KLX450R yang didiskon saat itu adalah unit dengan VIN tahun 2016. Meskipun motor stock lawas, Kawasaki menjamin KLX450R yang dibeli oleh konsumen nanti telah lolos dari proses PDC (pre delivery check) sesuai dengan standar geng ijo. Intinya motor ini nggak ada PR. Konsumen tinggal ngegas KLX450R ke medan off-road.

Kalau sebelum diskon gede-gedean agak susah menemukan KLX450R di event-event off-road, sekarang jadi jauh lebih mudah. Contohnya di event KUTIL Anniversary 01 – Lampung Tengah weekend kemaren yang notabene bukan event besar berskala nasional, bahkan di lingkup Provinsi Lampung saja juga nggak termasuk event gede karena pesertanya kurang dari 800 orang, di sana saya dengan gampang menemukan KLX450R berseliweran. Total saya melihat sekitar 4-5 unit KLX450R di sepanjang event tersebut. Bukan angka yang sangat banyak, tapi paling nggak lebih gampang ditemui dibanding sebelum diskon. Awalnya saya mengira itu adalah KX250F atau KX450F yang nekat dipakai off-road oleh pemiliknya. Namun setelah dipantau lebih detail ternyata KLX450R karena body terlihat lebih gendut, jok nggak benar-benar rata dengan tangki, ada headlight (di sejumlah motor sudah dilepas diganti dengan plate number), ada tail light, dan pakai ban belakang ring 18 inch. Beda dengan KX250F/KX450F yang tanpa lampu-lampu sama sekali dan pakai ban belakang ring 19 inch.

Terus gimana harga KLX450R sekarang mas? Apakah masih Rp 59,9 juta? Kabar buruknya adalah stock KLX450R dengan harga diskon itu sudah ludes terjual semua. Kawasaki di Indonesia sekarang sudah nggak punya stock KLX450R dengan VIN lawas. Untuk KLX450R dengan VIN atau tahun produksi terbaru pun nggak ada. Mungkin KMI nggak mau lagi memasukkan motor produksi Jepang ini lantaran sulit terjual dengan harga normal. Praktis populasi KLX450R di Indonesia bakal sulit untuk bertambah banyak lagi. Jadi temen-temen yang dapat unit KLX450R dengan harga kurang dari Rp 60 juta atau beberapa orang dapat harga Rp 60 juta lebih dikit tergolong sebagai konsumen-konsumen yang beruntung. Memang benar spesifikasi KLX450R kalah dibandingkan dengan KTM 450 EXC-F atau Husqvarna FE 450, namun tetap saja KLX450R merupakan motor yang buas. Di tangan orang yang tepat, KLX450R bisa menjadi monster di jalur off-road. Salah satu solusi buat kalian yang pengen dapat KLX450R murah adalah dengan beli bekas dari konsumen yang dapat KLX450R versi diskon. Siapa tahu mereka sudah bosan, lalu mau melego KLX450R dengan harga Rp 40 jutaan atau Rp 50 jutaan. Kan lumayan, iya nggak?

Advertisements