• Home »
  • Article »
  • SWM Indonesia Buka Pre-Order Motor Enduro RS 250 R pada Bulan Agustus

SWM Indonesia Buka Pre-Order Motor Enduro RS 250 R pada Bulan Agustus

Brand motor asal Italia, SWM Motorcycles, akhirnya punya perwakilan atau distributor resmi di Indonesia. Nantinya produk-produk SWM bakal dijual di Indonesia melalui SWM Motorcycles Indonesia. Menurut rencana, SWM Motorcycles Indonesia akan melakukan soft launching produk pada 3-4 Agustus 2019 bertepatan dengan acara Bogor Hard Enduro, persisnya di Sirkuit Kampung Ulin, Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk saat ini setidaknya ada dua varian motor yang bakal dibawa oleh SWM ke Indonesia. Dua produk itu adalah SWM RS 250 R dengan genre enduro dan SMW SM 250 R yang bergenre supermoto. Asyiknya kedua motor ini bisa dibeli full paper lengkap dengan surat-surat sehingga legal dipakai di jalan raya.

FYI aja ya guys… Di pasar global SWM nggak menjual RS 250 R dan SM 250 R. Untuk motor enduro di pasar global, SWM hanya menyediakan RS 125 R, RS 300 R, dan RS 500 R. Kemudian pada varian supermoto hanya ada SM 125 R dan SM 500 R. Terus kok ada RS 250 R dan SM 250 R di Tanah Air? Saya mendapatkan konfirmasi dari pihak SWM Motorcycles Indonesia bahwa RS 250 R dan SM 250 R dibuat khusus bagi market Indonesia. Basis yang dipakai oleh SMW untuk membangun kedua motor ini tentunya adalah RS 300 R yang diturunkan sedikit kapasitas mesinnya.

Menurut asumsi saya, SWM Motorcycles Indonesia request mesin 250 cc untuk Indonesia karena ingin mengejar market yang lebih luas. Target utama tentu saja para penggemar off-road yang nggak butuh surat-surat motor. Ini bisa dikejar dengan RS 250 R ataupun RS 300 R. Kemudian target berikutnya adalah para penggemar motor dual sport atau enduro street legal. Kalangan ini lebih realistis disentuh dengan mesin 250 cc (RS 250 R) karena dengan kapasitas mesin segini belum kena PPN BM. Imbasnya harga jual produk masih cukup rasional. Kalau pakai 300 cc sudah kena PPN BM 60% sehingga bisa mempengaruhi minat konsumen. Ada satu lagi target konsumen SWM di Indonesia yaitu kalangan penggemar supermoto. Penunggang supermoto yang dominan menggunakan motor di jalan raya jelas butuh surat-surat. Nggak heran kalau SMW menyediakan SM 250 R yang dibangun dari basis motor enduro RS 250 R. RS 250 R diganti dengan ban street bike 17 inch depan-belakang sudah menjadi sebuah supermoto. Kesimpulannya adalah paling simple SWM Motorcycles Indonesia hanya menyediakan mesin 250 cc (RS 250 R dan SM 250 R) lantaran bisa langsung memenuhi permintaan para penggemar off-road, dual sport, dan supermoto sekaligus. SWM nanti tinggal menyediakan piston kit untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mesin lebih besar (300 cc).

Hampir bisa dipastikan SWM Motorcycles Indonesia melakukan soft launching pada 3-4 Agustus 2019 ya guys… Temen-temen yang pengen melihat langsung produk SWM bisa langsung datang ke Sirkuit Kampung Ulin. Sedangkan konsumen yang pengen melakukan pre-order produk SWM bisa melakukannya terhitung sejak awal Agustus 2019. IMHO SWM bisa menjadi solusi motor trail powerful dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan KTM, Husqvarna, Sherco, atau Beta. Soal mesin dan sasis rasanya nggak perlu diragukan ya, karena SWM pakai basis mesin dan sasis milik Husqvarna era BMW (sebelum Husqvarna dibeli oleh KTM). Ya bisa dibilang motor enduro SWM itu sama dengan Husqvarna lawas.

Advertisements