Taddy Blazusiak Menangkan Sesi Prologue Red Bull Romaniacs 2019

Nggak terasa kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2019 telah memasuki seri yang kelima yaitu Red Bull Romaniacs yang diselenggarakan di Romania. Genre balap Red Bull Romaniacs adalah hard enduro rally lantaran digelar selama lima hari terhitung mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2019. Hari pertama merupakan sesi prologue sedangkan empat hari sisanya tergolong sebagai main race. Tidak mengherankan kalau Red Bull Romaniacs sering kali disebut sebagai kompetisi hard enduro atau extreme enduro paling kejam dan paling sulit di dunia. Seperti biasa, Red Bull Romaniacs dibuka dengan sesi prologue yang karakter track-nya seperti SuperEnduro atau Endurocross untuk menentukan posisi start. Berikut ini adalah highlight sesi prologue Red Bull Romaniacs 2019:

  • Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing) menunjukkan skill hebatnya di SuperEnduro dengan menjadi pembalap terkencang di sesi prologue Gold Class. Boleh dibilang Taddy itu adalah rajanya SuperEnduro sehingga sesi prologue di Red Bull Romaniacs menjadi santapan empuk bagi Taddy.
  • Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) cukup konsisten menggeber motor dari row kedua sehingga doi juga bisa finish di posisi kedua sesi prologue setelah bertarung sengit melawan Pol Tarres (TTR Rigamonti Team – Husqvarna).
  • Pol Tarres memang sempat bertarung hebat melawan Jonny Walker dalam memperebutkan posisi kedua, tapi dia akhirnya harus puas bertengger di posisi ketiga. Hal ini membuat Pol harus start paling awal dengan membuka jalan pada main race hari pertama yang berlangsung pada 31 Juli 2019.
  • Setelah mendapatkan waktu yang cepat di sesi kualifikasi, Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) melakukan beberapa kesalahan sehingga pembalap asal Inggris ini harus berpuas diri berada di posisi kelima. Posisi ini tidak terlalu buruk untuk start main race hari pertama.
  • Sang juara Red Bull Romaniacs 2018 dari Sherco Factory Racing Wade Young sempat bertarung sengit melawan Taddy Blazusiak di awal-awal start sesi prologue. Namun Wade mendapatkan masalah ketika melewati bagian track yang berupa ban. Imbasnya Wade merosot hingga finish di posisi delapan.
  • Secara keseluruhan sesi prologue pada tahun 2019 lebih mudah dan lebih mengalir dibandingkan dengan tahun 2018. Apalagi matahari bersinar cerah dan nggak ada seksi yang berhubungan dengan air yang membantu para pembalap tetap terus bergerak, nggak banyak yang stuck.

Berbeda dengan kompetisi extreme enduro lain yang menggunakan tanda-tanda arah atau simbol di track, pada Red Bull Romaniacs ini setiap motor milik pembalap sudah dilengkapi dengan GPS, di mana peta rute telah dimasukkan ke dalam GPS. Jadi para pembalap tinggal mengikuti peta pada masing-masing GPS mereka. Murni GPS based. Kemudian para pembalap tidak melakukan start bersamaan. Para pembalap dilepas start satu per satu lalu dihitung catatan waktunya pada setiap check point. Pembalap yang menang sesi prologue mendapatkan keuntungan start nomor dua, sedangkan yang berada di urutan ketiga sesi prologue terpaksa membuka jalan dengan start pertama.

Hasil Sesi Prologue Gold Class Red Bull Romaniacs 2019:

  1. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Pol Tarres – TTR Officine Rigamonti Husqvarna
  4. Alfredo Gomez – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  5. Billy Bolt – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  6. Manuel Lettenbichler – KTM Supported
  7. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  8. Wade Young – Sherco Factory Racing
  9. Mario Roman – Sherco Factory Racing
  10. David Cyprian – JD Gunnex KTM

Advertisements