Honda Siapkan Africa Twin Terbaru, Kapasitas Mesin Membengkak!

Honda dikabarkan sedang mempersiapkan generasi terbaru dari motor petualang mereka, Africa Twin. Bahkan Honda sudah mengumbar teaser Africa Twin terbaru melalui media sosial YouTube. Nggak malu-malu, Honda memberikan video teaser itu dengan judul “Honda CRF1100L Africa Twin 2020” yang berarti akan menggusur CRF1000L Africa Twin. Apakah ini berarti kapasitas mesin Africa Twin mengalami kenaikan? Kapan diluncurkan ke pasaran?

Desas-desus mengenai kehadiran Africa Twin terbaru sebenarnya sudah terdengar sejak Januari 2019 yang lalu. Tapi saat itu memang baru sebatas kabar, belum ada informasi apapun dari pihak Honda. Sekarang Honda mulai terbuka dengan menyebutkan nama Honda CRF1100L Africa Twin untuk generasi terbaru Africa Twin. Ini bisa menjadi indikasi yang sangat kuat kalau kapasitas mesin Africa Twin membengkak. Konon kabarnya Africa Twin model year 2020 menggendong mesin 1.080 cc dengan konfigurasi tetap seperti gen sebelumnya dua silinder sejajar, naik dari yang sebelumnya pakai mesin 998 cc.

Kenapa kok Honda repot-repot menaikkan kapasitas mesin Africa Twin? Tentunya agar lolos regulasi emisi Euro 5 yagn berlaku di Eropa. Bukan rahasia lagi salah satu market terbesar bagi Africa Twin adalah Eropa. Dengan menaikkan kapasitas mesin, Africa Twin bisa lolos regulasi emisi Euro 5 tanpa mengorbankan power. Yups, memang bisa sih lolos Euro 5 tetap dengan mesin 998 cc, namun power mesin bakal berkurang. Konsumen pasti nggak nggak mau beli motor generasi terbaru dengan power yang disunat. Maka Honda memberikan solusi dengan menaikkan kapasitas mesin. Selain lolos Euro 5, dengan kapasitas mesin bertambah besar, CRF1100L Africa Twin mendapatkan tambahan power sekitar 6,7 HP lebih besar dari CRF1000L Africa Twin.

Berdasarkan sejumlah bocoran yang beredar, CRF1100L Africa Twin akan dibekali kapasitas tangki bahan bakar 20 liter alias lebih besar dibandingkan dengan CRF1000L Africa Twin yang sebesar 18 liter. Kemudian segala macam fitur canggih yang ada di CRF1000L Africa Twin dipastikan tetap terpasang di CRF1100L Africa Twin, antara lain sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission), Honda Selectable Traction Control (HSTC), throttle-by-wire, dan empat pilihan riding mode berupa Tour, Urban, Gravel, dan User (bisa dikustom). Fitur baru seperti cruise control kemungkinan besar juga akan disematkan di Africa Twin 2020. Diprediksi CRF1100L Africa Twin akan meluncur di EICMA 2019, Milan.

Apakah masuk ke Indonesia mas? Kalau sudah dirilis secara global di EICMA nanti ya cepat atau lambat pasti bakal dijual di Indonesia. Soalnya CRF1000L Africa Twin sendiri sudah dijual di Tanah Air sejak awal tahun 2017. Saat sudah ada CRF1100L Africa Twin, maka CRF1000L Africa Twin disuntik mati oleh Honda Jepang. Mau nggak mau PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM Honda di Indonesia mau nggak mau ya jualan CRF1100L Africa Twin juga. Tapi ya untuk mendapatkan unit CRF1100L Africa Twin temen-temen mesti nunggu momen penjualannya tahun depan.

Advertisements