Romaniacs 2019: Graham Jarvis Paling Kencang Pada Hari Pertama

Kompetisi balap enduro multi disiplin World Enduro Super Series (WESS) 2019 telah memasuki seri yang kelima yaitu Red Bull Romaniacs yang bergenre extreme enduro. Seperti biasa, Red Bull Romaniacs digelar selama empat hari dan untuk musim tahun ini diselenggarakan pada 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2019. Dari gelaran lima hari ini terdiri dari sesi prologue dengan karakter track mirip seperti SuperEnduro pada hari pertama, kemudian diikuti oleh main race di jalur hutan dan pegunungan selama empat hari berikutnya. Sesi prologue yang digunakan untuk menentukan posisi start dimenangkan oleh Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing), disusul oleh Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) kedua, dan Pol Tarres (TTR Officine Rigamonti – Husqvarna) ketiga. Bagaimana dengan main race hari pertama?

Walaupun nggak mendapatkan hasil yang cukup bagus di sesi prologue, namun pembalap spesialis extreme enduro Graham Jarvis dari tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing tetap menunjukkan tajinya ketika berada di jalur hutan dan pegunungan Romania. Dengan modal motor Husqvarna TE 300i, pembalap gaek asal Inggris ini ternyata masih mampu mengasapi pembalap-pembalap lain yang usianya jauh lebih muda. Jarvis menyelesaikan main race hari pertama dengan catatan waktu paling cepat, diikuti oleh Wade Young (Sherco Factory Racing) kedua dan Manuel Lettenbichler (KTM Supported) ketiga. Waktu tempuh ketiganya boleh dibilang sangat tipis. Jarvis unggul 1 menit 12 detik dari Wade Young, sedangkan Manuel Lettenbichler hanya tertinggal 2 menit 3 detik dari Jarvis.

Pembalap extreme enduro handal lainnya, Mario Roman (Sherco Factory Racing), sukses mengunci posisi keempat di main race hari pertama. Setelah menempuh 12 check point (CP), penunggang motor Sherco 300 SE Factory sanggup menyelesaikan balapan dengan waktu tempuh 4 jam 30 menit 11 detik atau hanya tertinggal 2 menit 56 detik dari Graham Jarvis. Posisi kelima ditempati oleh Alfredo Gomez (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) setelah sempat mengalami crash yang membuat handlebar motornya bengkok. Di sisi lain pembalap tim privateer yang masih muda belia JD Gunnex KTM David Cyprian (21 tahun) mampu melesat hebat pada main race pertama dengan menempati posisi keenam. Luar biasa bagi David!

Bagaimana nasib pemenang sesi prologue Taddy Blazusiak? Sayang sekali si raja SuperEnduro sedang kurang beruntung pada main race hari pertama. Selang bensin motor Taddy mengalami kerusakan. Beruntung sekali Pol Tarres berbaik hati memberikan spare parts yang dibutuhkan oleh Taddy sehingga pembalap asal Polandia ini bisa melanjutkan balapan hingga menyentuh garis finish di posisi kedelapan, persis di belakang rekan satu timnya Jonny Walker yang masuk posisi ketujuh. Pol Tarres yang sudah sudi membantu kompetitornya finish di posisi kesembilan.

Setelah menyelesaikan main race hari pertama kemarin, para pembalap yang bertarung di Red Bull Romaniacs 2019 akan menghadapi off-road hari kedua. Menurut informasi off-road hari kedua ini memiliki jarak tempuh paling panjang yaitu 151 km. Mereka akan dibawa menuju jalur baru dan akan masuk lebih dalam ke wilayah Pegunungan Carpathian. Semua pembalap, terutama 10 besar pada hari pertama masih berpotensi memenangkan balapan karena masih ada tiga hari yang tersisa. Posisi klasemen sementara masih akan sangat dinamis dan berubah-ubah dalam beberapa hari ke depan. Siapa yang bakal menjadi juara?

Hasil Sementara Red Bull Romaniacs 2019 Setelah Off-Road Hari Pertama:

  1. Graham Jarvis – 4 jam 27 menit 16 detik
  2. Wade Young – 4 jam 28 menit 31 detik
  3. Manuel Lettenbichler – 4 jam 29 menit 22 detik
  4. Mario Roman – 4 jam 30 menit 11 detik
  5. Alfredo Gomez – 4 jam 31 menit 01 detik
  6. David Cyprian – 4 jam 46 menit 58 detik
  7. Jonny Walker – 4 jam 50 menit 13 detik
  8. Taddy Blazusiak – 4 jam 53 menit 06 detik
  9. Pol Tarres – 4 jam 54 menit 08 detik
  10. Dieter Rudolf – 5 jam 08 menit 01 detik
Advertisements