• Home »
  • Article »
  • Romaniacs 2019: Gomez – Lettenbichler Berbagi Kemenangan Hari Kedua dan Ketiga

Romaniacs 2019: Gomez – Lettenbichler Berbagi Kemenangan Hari Kedua dan Ketiga

Guys… Mohon maaf kemarin nggak update mengenai Red Bull Romaniacs yang merupakan seri kelima dari World Enduro Super Series (WESS) 2019. Jadi pada artikel kali ini saya akan rapel mengenai Red Bull Romaniacs off-road hari kedua dan ketiga sekaligus karena pada off-road hari pertama sudah kita ulas dengan kemenangan berada di tangan pembalap gaek Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing). Nah, pertarungan pembalap pada sesi off-road hari kedua dan ketiga ternyata semakin seru karena banyak kejutan dan perubahan posisi.

Red Bull Romaniacs 2019 – Off-Road Hari Kedua

Off-road hari kedua Red Bull Romaniacs 2019 boleh dibilang rutenya paling panjang, mencapai 151 km lebih masuk ke dalam Pegunungan Carpathian, Sibiu, Romania. Hampir bisa dipastikan jalur yang disediakan semakin berat, ekstrem, dan banyak sekali impossible hill climb. Meskipun demikian, Alfredo Gomez yang merupakan rekan satu tim Graham Jarvis di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing seperti mengamuk di sesi off-road hari kedua. Alfredo Gomez benar-benar tampil sangat kencang. Dari total 10 check point (CP) yang ada di hari kedua ini Alfredo Gomez mampu menjadi yang paling cepat di tujuh CP. Hanya di 3 CP Alfredo gagal menjadi yang tercepat. Bahkan di akhir sesi Alfredo Gomez tercatat bisa finish lebih cepat 5 menit dibandingkan dengan Graham Jarvis yang berada di posisi kedua. Pembalap muda Manuel Lettenbichler (KTM Supported) juga tetap tampil strong dengan menempati posisi ketiga di belakang Alfredo Gomez dan Graham Jarvis.

Nasib kurang baik dialami oleh sang juara Red Bull Romaniacs 2018, yaitu Wade Young (Sherco Factory Racing). Hanya berselang lima menit setelah start dan mencapai tanjakan pertama, Wade Young mengalami masalah pada bagian gear selector. Dia kembali ke paddock untuk memperbaiki motor. Meskipun sudah kehilangan waktu sekitar satu jam, Wade tetap ngotot kembali ikut membalap. Sayangnya cidera kaki kanan yang didapatkan oleh Wade Young pada off-road hari pertama justru semakin parah. Wade merasakan sakit yang luar biasa pada kakinya karena memang ada tulang telapak kaki yang retak. Wade pun memutuskan berhenti dari balapan dan mengubur impian untuk mempertahankan gelar juara Red Bull Romaniacs. Pasca off-road hari kedua ini klasemen sementara Red Bull Romaniacs 2019 diambil alih oleh Alfredo Gomez dari Graham Jarvis dengan keunggulan 4 menit.

“Mengikuti balap hari ini dengan determinasi masuk ke podium ternyata berlawanan dengan semua perkiraan. Dengan berat hati aku mengumumkan bahwa aku tidak bisa lagi melanjutkan balap Red Bull Romaniacs tahun ini karena ada keretakan tulang yang memperburuk kakiku. Keputusan ini dibuat berdasarkan kondisi fisikku secara keseluruhan untuk persiapan beberapa balapan ke depan,” ungkap Wade Young.

Hasil Off-Road Hari Kedua Red Bull Romaniacs 2019:

  1. Alfredo Gomez – 5 jam 41 menit 00 detik
  2. Graham Jarvis – 5 jam 46 menit 58 detik
  3. Manuel Lettenbichler – 5 jam 47 menit 22 detik
  4. Mario Roman – 5 jam 49 menit 54 detik
  5. Jonny Walker – 5 jam 55 menit 56 detik
  6. Taddy Blazusiak – 5 jam 59 menit 37 detik
  7. Billy Bolt – 6 jam 09 menit 08 detik
  8. David Cyprian – 6 jam 19 menit 32 detik
  9. Josep Garcia – 6 jam 54 menit 07 detik
  10. Pol Tarres – 6 jam 57 menit 28 detik

Klasemen Sementara Red Bull Romaniacs 2019 Setelah Off-Road Hari Kedua:

  1. Alfredo Gomez – 10 jam 15 menit 42 detik
  2. Graham Jarvis – 10 jam 19 menit 45 detik
  3. Manuel Lettenbichler – 10 jam 21 menit 42 detik
  4. Mario Roman – 10 jam 26 menit 37 detik
  5. Jonny Walker – 10 jam 44 menit 39 detik
  6. Taddy Blazusiak – 10 jam 50 menit 40 detik
  7. David Cyprian – 11 jam 13 menit 33 detik
  8. Billy Bolt – 11 jam 34 menit 51 detik
  9. Pol Tarres – 11 jam 53 menit 36 detik
  10. Dieter Rudolf – 12 jam 17 menit 58 detik

Red Bull Romaniacs 2019 – Off-Road Hari Ketiga

Jalur yang disediakan pada off-road hari ketiga memang sedikit lebih pendek dibandingkan dengan hari kedua yaitu 142 km. Tapi namanya Red Bull Romaniacs, nggak ada jalur yang mudah di kompetisi ini, bahkan untuk pembalap profesional sekalipun. Sebagai pemenang pada hari kedua, Alfredo Gomez mendapatkan tugas start paling awal dan membuka jalur, kemudian diikuti oleh Graham Jarvis yang start kedua dan Manuel Lettenbichler start ketiga. Namun menariknya, Manuel Lettenbichler yang start ketiga tampil cukup kencang sehingga bisa mendahului Graham Jarvis dan juga menangkap Alfredo Gomez yang berada di barisan paling depan. Mereka bertiga sering kali kompak dalam satu group barisan depan dengan posisi yang juga saling bergantian. Taddy Blazusiak, Billy Bolt, dan Jonny Walker pun tidak jauh berada di belakang.

Pada suatu momen Manuel Lettenbichler kembali sukses mendahului Alfredo Gomez dan menjadi pembalap yang pertama kali menyentuh garis finish. Itu berarti Manuel Lettenbichler sukses memenangkan pertarungan pada hari ketiga. Alfredo Gomez pada akhirnya memang menyentuh garis finish kedua, tapi catatan waktunya tidak lebih baik dibandingkan dengan pembalap-pembalap lain yang start belakangan. Alfredo Gomez harus puas berada di posisi keempat pada sesi off-road hari ketiga, sedangkan posisi kedua menjadi milik Taddy Blazusiak dan posisi ketiga ditempati oleh Graham Jarvis. Ini adalah hasil terbaik yang didapatkan oleh Taddy Blazusiak setelah menang di sesi prologue.

Dengan hasil yang diraih pada sesi off-road hari ketiga ini maka klasemen sementara mengalami perubahan. Manuel Lettenbichler berhak menjadi pemuncak klasemen sementara dengan keunggulan sekitar 2 menit dari Alfredo Gomez yang berada di posisi kedua. Kemudian posisi ketiga hingga kelima klasemen sementara masing-masing diisi oleh Graham Jarvis, Mario Roman, dan Taddy Blazusiak. Sedangkan posisi keenam hingga ke-10 masing-masing adalah Jonny Walker, Billy Bolt, David Cyprian, Pol Tarres, dan Josep Garcia. Balapan masih menyisakan satu hari lagi. Kesempatan menjadi juara Red Bull Romaniacs 2019 masih sangat terbuka bagi banyak pembalap, terutama yang sekarang menempati posisi klasemen sementara dari yang pertama hingga kelima atau keenam.

Advertisements