Romaniacs 2019: Manuel Lettenbichler Genggam Gelar Juara!

Seperti yang sudah saya duga sebelumnya, pembalap tim privateer yang mendapatkan support dari KTM, Manuel Lettenbichler, akan menjuarai paling tidak salah satu seri di kancah balap World Enduro Super Series (WESS) 2019, dan menariknya Manni mendapatkannya di seri kelima yaitu Red Bull Romaniacs 2019! Kenapa kok cukup yakin mas? Meskipun Manni adalah pembalap tim privateer (non-factory), tapi kiprahnya sejak musim lalu patut diacungi jempol. Pada WESS 2018 yang lalu Manni nggak mendapatkan satupun kemenangan dari total delapan seri balapan. Menariknya doi selalu konsisten dan banyak mendapatkan podium, terutama di serial extreme enduro, hingga di akhir musim Manni meraih posisi runner up WESS 2018 persis di bawah Billy Bolt yang menjadi juara. Pada musim 2019 penampilan Manni nggak kendor sama sekali. Dia tampil bagus di Extreme XL Lagares, ErzbergRodeo, Hixpania, dan puncaknya menang di Romaniacs yang tergolong sebagai balap extreme enduro paling berat di dunia.

Di Red Bull Romaniacs Manni nggak mendapatkan kemenangan dengan mudah. Konsistensi menjadi kunci utama bagi Manni memenangkan kompetisi ini. Pada off-road hari pertama menjadi pembalap tercepat ketiga, lalu pada hari kedua lagi-lagi Manni meraih posisi ketiga, dan baru pada hari ketiga pembalap muda asal Jerman sukses menjadi yang paling kencang. Modal bagus pada hari ketiga dibawa oleh Manni pada hari keempat atau final race. Di pertarungan final Manni tetap tampil bagus meskipun mendapatkan perlawanan sengit dari dua pembalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Alfredo Gomez dan Graham Jarvis. Apalagi di tengah guyuran hujan serta jalur kejam yang basah dan berlumpur, Manni dan Alfredo sering bertukar posisi. Memang persaingan yang sangat ketat terjadi antara Manni dan Alfredo. Graham sendiri sempat terjatuh yang membuat dia kehilangan GPS sehingga Graham Jarvis hanya bisa mengikuti pembalap lain agar tetap berada di jalur yang benar.

Pada akhirnya Manni menyentuh garis finish terlebih dahulu dibandingkan dengan pembalap-pembalap lain. Tapi apakah Manni otomatis menang? Tentu tidak! Pada check point terakhir sebelum menyentuh garis finish Manni unggul 50 detik dari Alfredo Gomez. Jadi kemenangan Manni masih menunggu hasil yang diraih oleh Alfredo Gomez. Beruntungnya Alfredo Gomez mengalami kesulitan pada uphill terakhir sebelum garis finish. Alfredo membuang waktu lebih dari 50 detik sehingga Manni yang melihat Alfredo dari titik finish langsung tersenyum puas. Manni dinyatakan sebagai pemenang Red Bull Romaniacs 2019!!

Bagi Manni kemenangan di Red Bull Romaniacs 2019 merupakan sejarah. Ini pertama kalinya Manni menang di Red Bull Romaniacs dan pertama kali menang di serial WESS. Lebih manis lagi kemenangan di Romaniacs diraih oleh Manni diraih setelah kemenangan yang sama didapatkan oleh ayahnya, Andreas Lettenbichler, persis 10 tahun yang lalu. Mungkin juga untuk pertama kalinya dalam sejarah ayah dan anak bisa memenangkan Red Bull Romaniacs yang telah digelar sebanyak 16 kali hingga tahun ini. Dengan hasil ini secara otomatis Manni juga berhak menempati posisi pertama klasemen sementara WESS 2019. Menurut saya rasanya sangat pantas Manni mendapatkan promosi ke tim Red Bull KTM Factory Racing.

Oh ya… Podium ketiga akhirnya tetap menjadi milik Graham Jarvis. Di usianya yang sudah semakin tua Graham Jarvis masih menunjukkan determinasi tinggi sehingga sanggup merepotkan para pembalap-pembalap muda yang secara fisik jauh lebih strong. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing Taddy Blazusiak dan Jonny Walker. Rekan satu tim Alfredo Gomez dan Graham Jarvis di Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Billy Bolt hanya sanggup menempati posisi keenam dan Mario Roman dari Sherco Factory Racing berada di posisi ketujuh. Pembalap tim privateer JD Gunnex KTM David Cyprian secara mengejutkan bisa masuk posisi delapan. David Cyprian mungkin bisa menjadi masa depan Red Bull KTM Factory Racing selain Manuel Lettenbichler. Dua posisi terakhir 10 besar menjadi milik Pol Tarres (TTR Officine Rigamonti Team – Husqvarna) dan Josep Garcia Montana (Red Bull KTM Factory Racing). Agak nyesek juga pembalap tim factory KTM nggak ada yang lolos masuk podium.

Hasil Akhir Red Bull Romaniacs 2019:

  1. Manuel Lettenbichler (KTM Supported)
  2. Alfredo Gomez (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)
  3. Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)
  4. Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing)
  5. Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing)
  6. Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing)
  7. Mario Roman (Sherco Factory Racing)
  8. David Cyprian (JD Gunnex KTM)
  9. Pol Tarres (TTR Officine Rigamonti – Husqvarna)
  10. Josep Garcia Montana (Red Bull KTM Factory Racing)
Advertisements