Knalpot Slip On untuk KLX230 & KLX230R dari ProSpeed Dibandrol Rp 2 Jutaan

Sekarang Kawasaki KLX230 dan KLX230R menjadi salah satu idola baru di segmen motor dual sport dan off-road. Pasalnya, dengan bandrol harga di rentang 40-50 juta, konsumen bisa mendapatkan motor trail yang jauh lebih powerful dibandingkan dengan motor trail 150 cc. Lebih bagusnya lagi KLX230 dan KLX230R itu masih tetap mengandalkan teknologi mesin yang sederhana. Keduanya pakai mesin 233 cc, 4-tak, SOHC, 2-klep, dan berpendingin udara. Jadi secara teknologi mesin sebenarnya nggak jauh berbeda dibandingkan dengan KLX150. Hanya saja KLX230 dan KLX230R sudah dibekali sistem pembakaran injeksi. Kenapa kok saya bilang teknologi sederhana ini bagus? Karena perawatan motor masih relatif mudah dan murah.

Lantaran KLX230 dan KLX230R menjadi idola baru di masing-masing segmen, maka nggak heran kalau sejumlah brand komponen aftermarket berlomba-lomba mengeluarkan produk untuk motor tersebut. Brand yang sekarang sedang berlomba-lomba membuat komponen aftermarket untuk KLX230/KLX230R adalah brand knalpot. Setelah Norifumi Racing dan Over Racing declare telah menyediakan knalpot free flow untuk KLX230/KLX230R, kini giliran ProSpeed melakukan hal serupa. Bahkan ProSpeed menyiapkan beberapa varian knalpot yang bisa mendongkrak tenaga si motor trail baru dari geng ijo.

Salah satu produk andalan ProSpeed dalam bertarung di segmen knalp0t KLX230/KLX230R adalah ProSpeed TX series. Berbeda dengan Norifumi dan Over Racing yang menyediakan paket knalpot full system mulai dari leher knalpot sampai dengan silencer, ProSpeed menyediakan knalpot TX series dalam bentuk slip on. Itu berarti konsumen hanya akan mendapatkan silencer, sedangkan leher knalpot menggunakan yang standar bawaan KLX230/KLX230R. Meskipun demikian, berdasarkan pengukuran di agas mesin dyno, knalpot slip on ini mampu mendongkrak tenaga KLX230/KLX230R sebesar 1 HP dan torsi juga naik 1 Nm lebih besar daripada knalpot standar. Lumayan kan? Selain ProSpeed TX, brand lokal ini juga menyediakan tipe knalpot ProSpeed RX. Desainnya berbeda, output power pun beda. Output power dari RX masih lebih rendah daripada TX. Maka nggak heran kalau harga RX lebih murah. Persamaannya adalah RX dijual dalam bentuk slip on!

Kabarnya knalpot ProSpeed TX dan RX series untuk KLX230/KLX230R mulai tersedia di sejumlah toko, bengkel, hingga dealer resmi Kawasaki. Salah satu dealer resmi yang menyediakan knalpot slip on ProSpeed TX dan RX untuk KLX230/KLX230R adalah Kawasaki Greentech di Pekanbaru. Di sana knalpot versi TX dijual dengan bandrol harga Rp 2,3 juta, sedangkan versi RX harganya Rp 1,7 juta. Mungkin temen-temen bisa mendapatkan harga sedikit lebih murah atau sedikit lebih mahal di toko lain itu sudah jadi hal yang lumrah. IMHO ini bisa menjadi alternatif buat temen-temen pengguna KLX230/KLX230R yang nggak mau menggunakan knalpot full system. Dan tentu saja desain knalpot ProSpeed cukup berkarakter dengan bentuk yang menggembung besar sehingga motor kelihatan garang!

Advertisements