Segera Masuk GPX 250 4T SOHC 2V Air Cooled, Desain Ala KTM

Guys… Dr. No Offroad Industries akan kedatangan beberapa varian motor GPX terbaru dalam waktu dekat. Selain motor off-road GPX 250 XC 2-tak yang didesainnya lumayan identik dengan motor cross-country KTM 250 XC lantaran nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, kabarnya ada satu lagi varian motor GPX yang mirip dengan KTM bakal hadir ke Indonesia. Belum diketahui dengan pasti apa nama yang akan diusung oleh motor ini. Namun yang pasti si motor off-road dengan desain ala KTM XC/XC-F dipersenjatai mesin 250 cc 4-tak!

Sebelumnya GPX sudah punya motor off-road 250 cc 4-tak, SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara. Kurang lebih basis mesin mirip dengan Honda CRF230F yang dinaikkan kapasitas mesinnya menjadi 250 cc. Namanya adalah GPX FSE250E yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 55 juta off the road. FSE250E mengusung desain ala motor enduro Husqvarna. Frame dilabur dengan warna putih seperti Husqvarna, bodywork juga plug and play dengan punya Husqvarna. Nah, pada versi baru nanti GPX masih mengusung mesin yang sama dengan FSE250E. Hanya saja frame dengan bentuk tubular itu dilabar dengan warna orange sehingga lebih mirip dengan motor KTM. Selain itu, bodywork juga dibikin lumayan mirip dengan KTM.

Soal harga, si motor trail baru ala KTM ini ternyata nggak berbeda dengan FSE250E yang bergaya ala Husqvarna. Kemungkinan besar tetap dibandrol Rp 55 juta off the road dan memang hanya bisa digunakan untuk off-road saja. IMHO harga ini lumayan bersaing dengan Kawasaki KLX230R yang bandrol harganya Rp 48,9 juta off the road Jakarta. GPX punya keunggulan mesin yang lebih powerful, suspensi depan upside down yang katanya berkualitas bagus, dan bobot yang jauh lebih ringan (sekitar 106 kg). Di sisi lain KLX230R powernya lebih rendah, suspensi depan masih teleskopik, dan bobot lebi berat (115 kg). Keunggulannya KLX230R adalah dari sisi brand image. KLX230R produk dari brand Jepang yang diproduksi di Indonesia, sedangkan GPX adalah produk yang dibuat oleh Loncin di China. Apakah Loncin pabrikan ecek-ecek mas? Jelas bukan! Loncin tergolong sebagai salah satu pabrikan papan atas di China. Bahkan baru-baru ini berkolaborasi dengan MV Agusta dan bekerja sama dengan sejumlah pabrikan Eropa dalam memproduksi mesin. Tapi ya itu, dosa motor-motor China pada masa lalu membuat konsumen masih terus mempertanyakan kualitas mereka hingga kini.

Advertisements