Indonesia Kebagian KTM 790 Adventure R Rally Dalam Jumlah Terbatas

Hallo mas bro… Tahun 2019 ini KTM Indonesia mulai memasarkan motor adventure middleweight KTM 790 Adventure dan KTM 790 Adventure R. KTM 790 Adventure yang lebih berorientasi on-road, nyaman buat touring, namun nggak menutup kemungkinan juga bisa buat off-road dilepas dengan bandrol harga Rp 350 juta on the road Jakarta. Kemudian KTM 790 Adventure R sebagai motor adventure yang kental dengan nuansa off-road dijual pada angka Rp 390 juta on the road Jakarta. Belum cukup sampai di situ, KTM Indonesia juga membuka peluang untuk memasukkan KTM 790 Adventure R Rally. Menariknya unit KTM 790 Adventure R Rally nanti amat sangat terbatas!

Nah, belum lama ini KTM memang memperkenalkan KTM 790 Adventure R Rally. Boleh dibilang ini adalah motor kasta tertinggi di keluarga KTM 790 Adventure. KTM 790 Adventure R Rally dikembangkan dari basis KTM 790 Adventure R yang memang lebih berorientasi off-road. Mesinnya sama-sama pakai LC8, sasisnya juga sama-sama pakai sasis baja. Akan tetapi KTM 790 Adventure R Rally mendapatkan sentuhan yang lebih heboh di sektor suspensi. Nggak tanggung-tanggung, pabrikan dengan warna khas orange menyematkan suspensi depan upside down WP XPLOR PRO 7548 dan suspensi belakang WP XPLOR PRO 6746 dengan sistem PDS khas KTM yang berarti nggak menggunakan linkage. Konon kabarnya suspensi yang terpasang pada KTM 790 Adventure R Rally cukup mirip dengan yang terpasang di KTM 450 RALLY milik pembalap Red Bull KTM Factory Racing seperti Sam Sunderland, Toby Price, Matthias Walkner, dan Luciano Benavides.

Meskipun demikian, KTM dan WP Factory Racing Equipment telah memberikan setup khusus agar suspensi KTM 790 Adventure R Rally memiliki damping yang bagus tanpa mengorbankan kenyamanan. Kenapa? Karena pada dasarnya KTM 790 Adventure R Rally dijual kepada konsumen umum yang butuh kenyamanan, sedangkan KTM 450 RALLY dipakai oleh pembalap-pembalap rally profesional yang kemampuannya jauh di atas manusia normal. Berkat pemasangan dari suspensi spesial ini membuat travel suspension KTM 790 Adventure R Rally lebih panjang 30 mm dibandingkan dengan KTM 790 Adventure R. Lalu ketinggian joknya juga menjadi lebih tinggi (910 mm).

Selain memasang suspensi yang spesial, KTM juga memberikan komponen-komponen istimewa kepada KTM 790 Adventure R Rally. Sebut saja knalpot Akrapovic sudah menjadi knalpot standar begitu motor keluar dari pabrik, ada pelindung tangki yang terbuat dari bahan carbon fiber, terpasang sistem Quickshifter+, dan KTM memasang velg yang lebih sempit lengkap dengan karet bundar yang menggunakan ban dalam. FYI aja KTM 790 Adventure R pakai velg lebih lebar dan ban tubeless. Penggunaan velg sempit dan ban dengan ban dalam memudahkan konsumen jika ingin mengganti dengan ban off-road murni. Masih belum puas, KTM mengubah bentuk jok agar ergonomi lebih baik ketika rider dalam posisi berdiri serta footpegs lebar dan memiliki grip yang lebih baik.

Masalahnya adalah KTM 790 Adventure R Rally diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Menurut informasi dari KTM, KTM 790 Adventure R Rally hanya akan diproduksi sebanyak 500 unit dan dibagikan ke seluruh penjuru dunia (worldwide). Setelah kuota 500 unit telah diproduksi, maka KTM 790 Adventure R Rally nggak akan diproduksi lagi. Terus pertanyaannya, apakah Indonesia kebagian KTM 790 Adventure R Rally? Saya mendapatkan konfirmasi dari Presiden Direktur KTM Indonesia PT Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi bahwa Indonesia positif mendapatkan unit KTM 790 Adventure R Rally. Nggak disebutkan Indonesia kebagian berapa unit. Yang jelas sangat terbatas. Sebagai motor yang spesial dan limited edition, hampir bisa dipastikan harganya di atas KTM 790 Adventure R. Rp 400 jutaan sih rasanya sudah pasti ya!

“Kebagian… Very limited,” ungkap Pak Kris singkat.

Advertisements