• Home »
  • Article »
  • Taddy Blazusiak Positif Ikut Ambil Bagian di Kompetisi EnduroCross 2019

Taddy Blazusiak Positif Ikut Ambil Bagian di Kompetisi EnduroCross 2019

Kompetisi balap enduro di dalam rungan (indoor) di Amerika Serikat, AMA EnduroCross Championship 2019, akan dimulai dalam beberapa pekan lagi. Menariknya, jelang dimulainya kompetisi, ada warna-warni pemberitaan yang membuat kompetisi semakin panas. Yups, Red Bull KTM Factory Racing mengirimkan pembalap andalannya Taddy Blazusiak dari Eropa ke Amerika Serikat khusus untuk mengikuti EnduroCross 2019. Kabar ini tentu kurang menyenangkan bagi sang juara bertahan yang sekaligus pembalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Colton Haaker karena akan mendapatkan perlawanan yang sangat sengit.

Mungkin temen-temen banyak yang bertanya-tanya, kenapa KTM Factory Racing sampai repot-repot mengirim Taddy Blazusiak ke Amerika Serikat? Alasan utamanya karena pembalap FMF KTM Factory Racing Cody Webb yang biasa berlaga di EnduroCross melawan Colton Haaker masih dibekap cidera. Cody Webb masih butuh waktu rehabilitasi berkat cidera lutut yang menerpanya sehingga pembalap asal Amerika Serikat ini baru akan kembali aktif membalap pada musim 2020. Jadi praktis sepanjang musim kompetisi EnduroCross 2019 sebanyak tiga seri Cody Webb digantikan oleh Taddy Blazusiak.

Taddy Blazusiak sendiri bukanlah pembalap kemarin sore pada ajang balap enduro indoor. Doi sudah enam kali menjadi juara SuperEnduro World Championship yang notabene balap enduro indoor tingkat dunia. Praktis Taddy jauh lebih senior dibandingkan dengan Colton Haaker atau Cody Webb. Taddy pun bukan untuk pertama kalinya ikut kompetisi EnduroCross. Sebelumnya Taddy juga sudah pernah mengikuti kompetisi ini dan mendapatkan gelar juara sebanyak empat kali. Taddy kemudian meninggalkan kompetisi EnduroCross pada tahun 2014 dan kembali lagi pada tahun 2019 untuk mengejar gelar yang kelima. Menurut rencana, Red Bull KTM Factory Racing akan mempersenjatai Taddy dengan motor enduro 4-tak KTM 350 EXC-F generasi terbaru model year 2020. Untuk balap indoor Taddy memang lebih suka menggeber motor 4-tak ketimbang 2-tak.

“Aku sangat termotivasi kembali ke Amerika Serikat dan kembali bertarung memperebutkan gelar juara di sana. Aku sangat menantikan format baru EnduroCross yang sekarang menjadi semakin mirip dengan FIM SuperEnduro World Championship karena sejujurnya aku lebih nyaman dengan format tersebut,” ungkap pembalap asal Polandia ini.

Advertisements