• Home »
  • Article »
  • Kawasaki Pamer Konsep Modifikasi KLX230 Ala Supermoto, Keren Nggak?

Kawasaki Pamer Konsep Modifikasi KLX230 Ala Supermoto, Keren Nggak?

Guys… Beberapa bulan yang lalu Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi meluncurkan dua motor trail baru yaitu KLX230 dual sport yang legal dipakai di jalan raya dan KLX230R off-road yang memang hanya bisa dipakai trabasan di hutan atau lintasan tertutup. Kali ini Kawasaki nggak merilis versi supermoto dengan kapasitas mesin 230 cc. Tentu ini menjadi kabar yang kurang mengenakkan bagi para penggemar supermoto. Tapi tentu para penggemar supermoto nggak boleh putus asa. Kalian bisa membangun supermoto 230 cc dari basis KLX230. Beruntung Kawasaki memberikan inspirasi modifikasi KLX230 ala supermoto!

KLX230 yang sudah dimodifikasi ala supermoto ini dipajang oleh Kawasaki di markas utama mereka persisnya di showroom Kawasaki Abdul Muis – Jakarta. Pada modifikasi ala pabrikan ini geng ijo melengserkan suspensi depan standar KLX230 yang masih model teleskopik. Sebagai gantinya pada motor itu dipasang suspensi depan upside down berwarna gold. Nggak tahu itu pakai suspensi motor apa. Tapi kemungkinan besar punya KLX150 BF SE. Kemudian ban standar KLX230 dengan ring 18-21 inch juga dicopot digantikan dengan ban tipe street tapak lebar dengan ring 17-17 inch khas supermoto. Cakram rem dipasang dengan diameter lebih besar dan sprocket juga sepertinya lebih besar dengan aksen warna hijau senada dengan decal bodywork yang dominan warna hijau dan abu-abu.

Satu hal yang cukup menarik adalah Kawasaki menanggalkan headlight standar KLX230 yang banyak dikomentari berukuran terlalu besar. Sebagai gantinya Kawasaki justru memasang headlight yang lebih ramping. Sepintas identik dengan headlight KLX150S/KLX150L lawas. Di bawah headlight ada front fender minimalis khas supermoto, lalu di sana juga terpasang stang Protaper, hand guard berwarna hijau, hand grip hijau, selang rem hijau, dan kaca spion model Rizoma. Dari depan sampai belakang terlihat sangat keren, rapi, dan serasi. Hanya saja di bagian belakang minus rear fender dan tail light yang kurang safety dan bikin was-was kena cegat polisi kalau lewat di jalan raya.

Advertisements