Yamaha Rombak Habis Struktur Tim di Kancah Balap MXGP

Ajang balap FIM Motocross World Championship (MXGP) 2019 masih menyisakan empat seri balapan lagi. Tapi ternyata Yamaha Racing melalui Yamaha Motor Europe sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keikutsertaan Yamaha di MXGP telah mengumumkan perombakan besar-besaran untuk musim 2020 setelah tidak diperpanjangnya kontak salah satu pembalap mereka, yaitu Romain Febvre. Terus gimana struktur tim balap Yamaha di MXGP 2020 mas?

Berdasarkan apa yang saya tangkap dari rilis resmi Yamaha Racing, tim biru bisa dibilang membubarkan Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team yang selama ini ditunjuk sebagai tim factory dengan pembalap Romain Febvre dan Jeremy Seewer. Bos Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team Michele Rinaldi kemudian dipindah tugasnya ke pusat R&D motor factory Yamaha YZ450FM dan YZ250FM yang berada di Parma, Italia. Selain itu, Rinaldi tetap menjadi kepala unit Yamaha Factory R&D serta menjadi salah satu anggota kunci dalam Yamaha Motor Europe Racing Committee.

Terus gimana dengan nasib tim factory Yamaha? Nah, Monster Energy Wilvo Yamaha MXGP Team yang selama ini menjadi tim satelit atau factory supported dengan dua pembalap andalan Gautier Paulin dan Arnaud Tonus justru ditunjuk menjadi tim factory baru. Monster Energy Wilvo Yamaha MXGP Team yang berbasis di Belanda dan dipimpin oleh Louis Vosters mulai musim 2020 akan berubah namanya menjadi Monster Energy Yamaha Factory MXGP Team. Otomatis Wilvo Yamaha yang berubah peran menjadi tim factory akan mendapatkan dukungan penuh dari Yamaha Motor Europe maupun Yamaha Motor Company (Jepang). Jadi intinya Yamaha membubarkan tim factory yang lama kemudian menunjuk Wilvo Yamaha sebagai tim factory baru. Terus Jeremy Seewer yang sekarang masih bergabung dengan tim factory lawas, mulai musim depan bakal bergabung dengan Gautier Paulin dan Arnaud Tonus di tim factory baru. Sepertinya Yamaha lebih memilih mengoperasikan satu tim factory dengan tiga pembalap daripada mengoperasikan dua tim sekaligus, satu tim factory dan satu tim factory supported. Mengenai tiga pembalap ini sih nggak perlu diragukan. Ketiganya sekarang menempati posisi empat besar di klasemen sementara!

Informasi lainnya adalah Monster Energy Kemea Yamaha MX2 Team milik Hans Corvers yang sebelumnya hanya tim factory supported di kelas MX2 (250), mulai musim 2020 mendatang berubah peran menjadi tim full factory bernama Monster Energy Yamaha Factory MX2 Team. Tim ini akan diisi oleh dua pembalap yang sekarang ada di paddock Kemea Yamaha, yaitu Jago Geerts dan Ben Watson. Secara tidak langsung Yamaha akan turun full factory di kelas MXGP (450) dan MX2 (250) sekaligus. Oh ya, teknisi-teknisi handal anak buah Michele Rinaldi yang sekarang berada di tim factory lawas akan berkeliling dunia mengikuti para pembalap yang berada di tim baru, baik itu kelas MXGP maupun MX2.

Advertisements