• Home »
  • Article »
  • KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Limited Edition Positif Masuk Indonesia

KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Limited Edition Positif Masuk Indonesia

Menjelang pertengahan tahun 2019 ini KTM secara resmi meluncurkan lineup motor enduro generasi terbaru model year 2020. Seperti biasa, KTM merilis motor enduro versi standar dan versi Six Days yang dilengkapi dengan fitur-fitur dan komponen lebih mewah. Namun selain versi standar dan Six Days, KTM juga meluncurkan motor enduro versi ErzbergRodeo yang diproduksi dalam jumlah terbatas yaitu hanya ada 500 unit dan bakal disebarkan ke berbagai penjuru dunia. Menariknya adalah Indonesia akan kebagian motor enduro versi Erzberg yang produksinya sangat terbatas itu!

Nah, KTM ErzbergRodeo ini cuma ada satu varian yaitu KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo model year 2020. Dari namanya sudah cukup jelas bahwa KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo mengusung mesin 300 cc 2-tak dengan sistem pembakaran injeksi bernama Transfer Port Injection (TPI) yang sudah dikembangkan oleh KTM sejak beberapa tahun terakhir. KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo digunakan oleh KTM untuk memperingati gelaran kompetisi extreme enduro ErzbergRodeo Red Bull Hare Scramble 2019 yang telah memasuki gelaran ke-25.

Mungkin temen-temen pada penasaran, kenapa versi ErzbergRodeo cuma ada 300 cc 2-tak? Tentu ini bukan tanpa alasan. Bukan rahasia lagi mesin 300 cc 2-tak sudah menjadi andalan para pembalap-pembalap extreme enduro dan mesin ini pula yang sanggup memenangkan berbagai macam kompetisi extreme enduro, terutama ErzbergRodeo. Apalagi motor enduro 300 cc 2-tak dikenal punya bobot yang sangat ringan lengkap dengan power dan torsi yang sangat beringas sehingga memungkinkan menaklukkan berbagai macam tantangan jalur yang paling ekstrem sekalipun.

Pada dasarnya KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo model year 2020 merupakan KTM 300 EXC TPI Six Days model year 2020 yang menggunakan corak grafis berbeda kemudian diberi sejumlah gimmick dari KTM PowerParts. Lihat saja frame dilabur dengan warna orange sama seperti KTM 300 EXC TPI Six Days dengan tambahan frame guard berwarna hitam, sudah terpasang skid plate, triple clamps CNC berwarna orange anodize, gear belakang menggunakan merek Supersprox berwarna orange, serta ban dan velg yang sama dengan versi Six Days. Kalaupun ada perbedaan itu terletak di warna grafis, di mana versi ErzbergRodeo dilabur dengan grafis yang cukup unik. Warnanya apa ini? Agak susah diungkapkan ya… Itu ada warna putih, orange, dan yang paling dominan itu warna coklat atau malah emas? Di bagian body samping belakang ada logo ErzbergRodeo, lalu di bagian shroud tercetak tulisan “XX5” yang mengindikasikan ulang tahun ke-25 kompetisi ErzbergRodeo.

Selain itu, KTM 300 EXC TPI ErzberRodeo menggunakan sarung jok khusus yang berbeda dibandingkan dengan KTM 300 EXC TPI standar maupun KTM 300 EXC TPI Six Days, terpasang handlebar dengan logo ErzbergRodeo, menggunakan hub roda alias tromol CNC berwarna orange anodize, pelindung cakram rem belakang CNC berwarna orange anodize, dan pelindung cakram rem depan berwarna hitam yang menutup lebih dari tiga perempat piringan cakram. Semua komponen ini berbeda atau malah tidak ada di versi standar dan Six Days. Selebihnya mengenai spesifikasi mesin, sasis, suspensi, dan lain-lain dijamin sama persis. Satu hal lagi, part-part yang terpasang di KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo seperti hub CNC, triple clamps CNC, skid plate, frame guard, sprocket, pelindung cakram, dan lain-lain sebenarnya bisa dibeli di katalog KTM PowerParts. Tapi masalahnya grafis Erzberg ini yang nggak bisa dibeli di sana.

Kabar bagusnya adalah KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo bakal masuk dan dijual resmi di Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh akun Instagram resmi milik KTM Indonesia (@ktm.indonesia). Berapa unit yang masuk ke Indonesia? Masih belum jelas, yang pasti amat sangat tebatas. Bandrol harganya pun belum keluar. Tapi kemungkinan bakal lebih mahal daripada KTM 300 EXC TPI Six Days model year 2020 yang konon kabarnya akan dilepas di angka Rp 186 juta off the road. Gimana guys, tertarik meminang KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo? Mendingan cepet-cepet indent via dealer resmi KTM terdekat di kotamu ya karena motor ini akan masuk sekitar akhir tahun 2019!

Advertisements