Motor Enduro Beta Six Days Versi 2020 Pakai Suspensi Ohlins!!

Menjelang dimulainya gelaran International Six Days Enduro (ISDE) 2019 di Portugal, sejumlah pabrikan motor mulai meluncurkan produk motor enduro dengan edisi spesial Six Days Portugal. Brand motor asal Austria, KTM, sudah memulainya lebih dulu dengan meluncurkan KTM Enduro Six Days Portugal model year 2020 yang terdiri dari KTM 250/300 EXC TPI Six Days Portugal dengan mesin 2-tak dan KTM 250/350/450/500 EXC-F Six Days Portugal bermesin 4-tak. Tentu saja motor ini dibangun dari basis motor generasi terbaru model year 2020.

Nggak mau ketinggalan dengan KTM, brand asal Italia Beta Motorcycles juga merilis varian Six Days Portugal versi mereka. Namun berbeda dengan KTM di mana varian edisi spesial Six Days diluncurkan secara official oleh pabrikan, versi Six Days Portugal dari Beta justru dirilis oleh Beta Boano Racing. Bisa dibilang Beta Boano Racing adalah tim balap, produsen komponen balap motor, dan sekaligus menjadi penjual resmi motor Beta di Italia. Jadi motor enduro Six Days Portugal dari Beta dibangun langsung oleh Boano Racing menggunakan bahan motor enduro Beta model year 2020.

Walaupun tidak dibangun oleh pabrikan, tapi kita nggak boleh meremehkan motor garapan Beta Boano Racing. Bahkan Beta Boano Racing sukses menyulap motor standar menjadi motor yang sangat keren pada versi Six Days. Nggak percaya? Nah, coba temen-temen tengok deh! Secara umum desain Beta Enduro Six Days Portugal buatan Beta Boano Racing sama persis dengan varian standar. Hanya saja Beta Boano Racing telah mengganti sejumlah komponen agar motor ini memiliki riding quality yang lebih baik dan diharapkan bisa tampil kompetitif ketika ada yang menggunakannya di ISDE Portugal mendatang.

Komponen pertama yang diganti oleh Beta Boano Racing adalah suspensi. Suspensi standar bagian depan motor enduro Beta yang dibuat oleh Sachs dilengserkan kemudian diganti dengan suspensi ternama Ohlins dengan tipe TTX. Suspensi belakang ternyata juga diganti dengan merek yang sama. Edaaaan!! Ohlins memang kurang punya taji di dunia dirt bike. Pamornya masih kalah dengan WP, Showa, dan Kayaba yang kebanyakan dipakai oleh motor-motor standar pabrikan Eropa dan Jepang. Tapi mau bagaimanapun Ohlins ya tetap Ohlins, brand suspensi yang punya kualitas sangat bagus dengan harga mewah.

Komponen berikutnya yang terpasang di Beta Enduro Six Days Portugal adalah hand guard Circuit, hand grip Circuit, sprocket menggunakan merek X-Prox, disc brake belakang tipe fixed dengan kaliper buatan Nissin sedangkan disc brake depan menggunakan model floating juga dengan kaliper Nissin, ban Maxxis, leher knalpot dilindungi oleh protektor dari bahan karbon, dan sejumlah komponen lain yang dibuat sendiri oleh Boano Race Parts. Terakhir, Beta Boano Racing memberikan aksen grafis motor dengan warna dominan putih, hijau, dan merah. Warna hijau dan merah sendiri merupakan simbol bendera Portugal menjadi tuan rumah ISDE 2019. Namun Beta Boano Racing juga menyelipkan warna hijau, putih, dan merah sebagai simbol bendera Italia sebagai asal Beta dan Boano Racing.

Sejauh ini belum ada kabar apakah Beta Enduro Six Days Portugal garapan Beta Boano Racing dijual ke pasaran atau nggak. Kemungkinan besar sih iya meskipun hanya terbatas pada jaringan penjualan milik Beta Boano Racing saja, nggak tembus ke market internasional. Indonesia sendiri hampir bisa dipastikan hanya akan kebagian versi standar. Itupun masuknya masih lama, sekitar Januari 2020 mendatang. Namun satu hal yang pasti, Beta Enduro Six Days Portugal justru direntalkan bagi siapa saja yang akan mengikuti ISDE 2019 di Portugal. Ketika ada yang merental pun Beta Boano siap memberikan dukungan teknis, mulai dari teknisi-teknisi handal hingga penyediaan bahan bakar selama ISDE berlangsung. Tertarik?

Advertisements