Saat Headlight KLX230 Diganti dengan Headlight CRF150L, Oke Nggak?

Foto: @adventuriderz/Instagram

KLX230 sekarang ini menjadi idola baru motor trail yang dikeluarkan oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI). KLX230 sejatinya diciptakan sebagai motor dual sport atau motor on-road dan off-road sekaligus sehingga nggak mengherankan kalau motor ini dibekali dengan berbagai komponen kelengkapan jalan raya seperti headlight, tail light, mirror, konsol speedometer, plate holder, dan lain-lain. Tapi saat motor ini pertama kali diluncurkan, banyak pihak yang kurang sreg dengan desain headlight KLX230 dengan alasan terlalu besar dan jenong. Beda dengan headlight kebanyakan motor trail lain yang cenderung slim. Kawasaki pun mengganti headlight KLX230 dengan headlight milik KLX450R ketika mereka membangun KLX230 Supermoto Concept. Meskipun headlight bikin kurang sreg, ini bukan berarti halangan untuk meminang KLX230. Kalau nggak sreg ya tinggal ganti headlight, iya nggak?

Di pasaran sebenarnya banyak banget headlight yang dirancang khusus buat motor trail dengan harga variatif mulai dari ratusan ribu hingga di atas Rp 1 juta. Harga tentunya sangat tergantung dari merek dan kualitas barang itu sendiri. Namun Om Kadex Ramayadi dengan akun Instagram @exploride_indonesia justru mengganti headlight KLX230 dengan headlight standar bawaan Honda CRF150L yang secara desain memang lebih ramping. Menurut @exploride_indonesia, pemasangan headlight CRF150L di KLX230 bersifat plug and play, nggak perlu ubahan apapun. Bahkan konsol speedometer dan lampu sein standar milik KLX230 masih bisa terpasang dengan manis kok!

Foto: @exploride_indonesia/Instagram

Gimana menurut temen-temen, lebih keren mana KLX230 dengan headlight standar atau malah justru lebih keren dengan headlight CRF150L? Kalau kalian tertarik memasang headlight CRF150L pada KLX230, tentu saja bisa langsung berburu komponen ini di dealer Honda terdekat atau bisa juga cari lewat marketplace online dengan harga yang masih lumayan terjangkau. Misal pengen harga lebih miring lagi ya bisa beli headlight copotan dari CRF150L. Biasanya pengguna CRF150L untuk off-road sengaja mencopot headlight ini dari motornya.

Foto: @exploride_indonesia/Instagram

Advertisements