Yamaha Rombak Habis Motor Enduro WR250F Model Year 2020

Yamaha nggak mau ketinggalan dengan brand-brand asal Eropa yang telah merilis motor enduro generasi terbaru model year 2020. Nah, dalam rilis resmi yang dikirimkan oleh Yamaha, disebutkan bahwa mereka telah meluncurkan motor enduro WR250F model year 2020. Nggak tanggung-tanggung, Yamaha menyebut WR250F edisi terbaru ini sebagai all new bike karena benar-benar berbeda dengan perubahan yang sangat radikal dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bahkan Yamaha dengan pede menyebut WR250F model year 2020 adalah motor enduro 4-tak paling canggih yang pernah mereka buat selama ini. Memang apa saya hal-hal baru pada WR250F model year 2020?

Kali ini Yamaha benar-benar membuang WR250F generasi lawas dan menggantinya dengan motor yang total baru. WR250F model year 2020 dibangun dari basis mesin, sasis, hingga suspensi yang sama dengan motocross YZ250F. Tentu saja motor ini menggunakan teknologi mesin reverse cylinder yang benar-benar baru, sasis bilateral beam aluminium generasi terbaru, suspensi yang canggih, dan bodywork yang lebih ramping dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yamaha mengklaim dengan berbagai macam pengembangan yang ada, WR250F model year 2020 menjadi motor yang gampang dikendarai, performa sangat kuat, serta sangat bisa diandalkan dan punya durabilitas bagus.

Sekarang kita ngomongin soal mesin. Yes, WR250F model year 2020 dibekali dengan mesin yang identik dengan milik motocross YZ250F. Mesin ini sudah terbukti tangguh dan kompetitif bersama dengan Monster Energy Kemea Yamaha MX2 Team dengan pembalap Jago Geerts dan Ben Watson pada ajang balap FIM Motocross World Championship (MXGP) 2019. Selain itu Dylan Ferrandis juga membuktikan YZ250F mampu memenangkan AMA 250 Supercross West Championship 2019 di Amerika Serikat. Tentu saja ada sejumlah penyesuaian yang dilakukan oleh Yamaha agar mesin motocross ini lebih nyaman dipakai enduro. Kalau dibandingkan dengan mesin WR250F lawas, mesin WR250F baru memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi (13,8:1), cam timing yang lebih optimal, hingga menggunakan injektor dengan 12 lubang (generasi sebelumnya pakai injektor 10 lubang). Hasilnya WR250F terbaru punya power yang lebih besar di semua rentang rpm dan power di rpm tinggi pun mengalami peningkatan. Intinya ini adalah motor enduro 250 cc 4-tak dengan performa paling tinggi yang pernah dibuat oleh Yamaha.

Untuk memanjakan penggunanya, mesin baru ini dibekali dengan motor starter yang ringan dan ringkas berdiameter 55 mm. Ukurannya kecil tapi mampu menghasilkan daya 390 watt. WR250F juga dilengkapi dengan baterai yang ringkas dan ACM baru sehingga mampu memberikan suplai energi listrik yang kuat dan bisa diandalkan. Belum cukup sampai di situ, Yamaha membuat kopling motor ini agar tarikannya ringan. Buat kebutuhan enduro tentu temen-temen nggak mau pakai motor dengan kopling yang berat kan? Walaupun ringan namun kopling WR250F tetap kuat, tahan panas, dan bisa bertahan pada periode yang lama ketika dihajar di medan paling sulit sekalipun.

Kemudahan lainnya adalah WR250F terbaru menggunakan airbox yang mudah diakses sehingga ketika pengguna ingin mengecek busa filter udara, ingin membersihkan atau menggantinya, nggak perlu tools apapun untuk membuka. Tinggal buka tutupnya pakai tangan sudah beres. Airbox ini terletak di depan tangki bahan bakar. Menariknya lagi adalah WR250F versi baru sudah bisa terhubung dengan mobile phone melalui aplikasi Yamaha Power Tuner. Sebelumnya fitur ini cuma ada di motor motocross dan cross-country 4-tak, tapi sekarang sudah merambah ke motor enduro 4-tak. Kebetulan Yamaha menyediakan tiga pilihan engine mapping yang bisa dipilih sesuai dengan karakter rider maupun kondisi jalur. Selain itu pengguna juga dimungkinkan mengubah setelan semprotan bahan bakar dan timing pengapian dengan 16 pilihan nilai. Jadi setelannya memang luas banget. Data log balapan, diagnosa mesin, dan data-data lain juga bisa dipantau dari aplikasi ini.

Beralih ke sasis, WR250F gen anyar tetap dibekali dengan sasis yang terbuat dari bahan aluminium dengan bentuk bilateral beam. Meskipun desainnya tampak mirip dengan yang lama, tapi secara umum sasis baru mengalami banyak perubahan. Desainnya baru, engine mounting baru, dan secara keseluruhan punya tingkat kekakuan 15% lebih banyak daripada sasis lama. Sasis ini dipadu dengan suspensi depan Kayaba AOS (Air Oil Separated) yang diambil dari YZ250F. Suspensi belakang mono shock Kayaba dari YZ250F juga terpasang di WR250F kok. Pastinya semua setelan suspensi sudah diubah agar suspensi nyaman ketika motor dipakai enduro.

Apalagi yang baru pada WR250F model year 2020? Tangki bahan bakar yang terlihat lebih ramping tapi kapasitasnya lebih besar 0,5 liter. Sekarang tangki bahan bakar WR250F mampu menampung 7,9 liter bahan bakar. Terus bodywork lebih ramping dan lebih tegas, headlight cowls baru, skid plate lebih kuat dan lebih ringan, serta sensor kecepatan juga lebih ringan dengan tampilan kecepatan yang sangat presisi. Sayangnya WR250F model year 2020 nggak lagi dihomologasikan dengan standar Euro 4. Jadi motor ini nggak boleh dipakai di jalanan Eropa. Khusus dipakai buat off-road di hutan, dipakai di lintasan tertutup, area milik pribadi, dan event-event di mana pesertanya nggak perlu membawa motor homologasi ketika melakukan pendaftaran. WR250F model year 2020 mulai tersedia di dealer pada Oktober 2019. Mudah-mudahan WR250F nanti juga dijual di Indonesia ya, karena selama ini distributor resmi dirt bike Yamaha cuma jualan motocross dan cross-country. Mereka nggak jualan motor enduro.

Advertisements