• Home »
  • Article »
  • Atacama Rally 2019: Quintanilla Menang Stage 3, Toby Price Kuasai Stage 4

Atacama Rally 2019: Quintanilla Menang Stage 3, Toby Price Kuasai Stage 4

Kita lanjut bahas mengenai Atacama Rally di Chile yang masuk ke dalam kalender seri ketiga FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 ya guys… Jadi Atacama Rally digelar sebanyak lima stage dengan total jarak tempuh sekitar 1.200 km. Sebagian besar area balap Atacama Rally berada di Gurun Atacama yang bersifat kering dan minim vegetasi. Nggak heran kalau navigasi dalam balap kali ini tergolong sulit. Stage 1 berhasil dimenangkan oleh Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), sedangkan stage 2 dimenangkan oleh Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team). Bagaimana dengan stage 3 dan stage 4 yang sudah selesai dilaksanakan?

Pada balapan stage 3 menempuh jarak total sekitar 280 km. Menariknya kali ini adalah dimulainya marathon stage di mana para pembalap nggak boleh mendapatkan bantuan dari mekanik ketika finish dan bermalam di tempat camping nanti. Untuk mempersiapkan motor hingga memperbaiki motor para pembalap harus melakukannya sendiri. Otomatis pembalap nggak cuma dituntut agar bisa menggeber motor dengan kencang, tapi mereka juga mesti bisa mempersiapkan motor untuk balap pada stage 4 tanpa bantuan mekanik.

Untuk stage 3 kali ini pembalap Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing Pablo Quintanilla kembali berhasil menjadi yang paling kencang. Quintanilla mampu menyelesaikan stage 3 dalam waktu 3 jam 23 menit 3 detik. Quintanilla diikuti oleh pembalap Monster Energy Honda Team asal Amerika Serikat, Ricky Brabec, yang sukses berada di posisi kedua. Posisi ketiga kemudian ditempati oleh Sam Sunderland dari Red Bull KTM Factory Racing. Dengan hasil ini maka secara otomatis Pablo Quintanilla menjadi pimpinan klasemen sementara setelah melewati stage 3.

Bagaimana dengan stage 4? Stage 4 secara total berjarak 426 km dengan special stage yang dihitung catatan waktunya sejauh 354 km. Bisa dibilang stage 4 menyajikan jarak tempuh paling jauh selama Atacama Rally 2019 berlangsung. Di sini secara mengejutkan pembalap Red Bull KTM Factory Racing asal Australia yang baru saja sembuh dari cidera pergelangan tangan, Toby Price, mampu menyelesaikan balapan dalam waktu 4 jam 7 menit 28 detik sehingga menjadi pembalap paling kencang di stage 4. Cemerlangnya penampilan Toby Price juga diikuti oleh rekan satu timnya, Sam Sunderland, yang mampu menempati posisi kedua dengan selisih waktu 2 menit 9 detik. Kemudian posisi ketiga pada stage 4 diambil oleh pembalap Monster Energy Honda Team Joan Barreda.

Setelah menjalani stage 4, posisi klasemen sementara masih ditempati oleh Pablo Quintanilla, Sedangkan posisi kedua menjadi milik Sam Sunderland dengan ketertinggalan 54 detik dan posisi ketiga ditempati oleh Toby Price yang tertinggal 5 menit 20 detik dari pimpinan klasemen sementara. Pada hari ini Sabtu (7/9/2019) mereka akan membalap pada stage 5 atau stage terakhir dengan jarak tempuh total sejauh 260 km dengan special stage sejauh 185 km. Pembalap yang ada di posisi lima besar klasemen sementara masih berpeluang menjadi juara Atacama Rally 2019, meskipun yang paling berpeluang tentu saja Pablo Quintanilla dan Sam Sunderland.

Advertisements