Atacama Rally 2019: Husqvarna dan KTM Sama-Sama Berpesta di Chile

Kali ini saya akan kembali memberikan update mengenai Atacama Rally yang masuk ke dalam kalender seri ketiga FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Jadi Atacama Rally yang digelar di Chile ini mempertandingkan sebanyak lima stage terhitung mulai 3-7 September 2019 dengan total jarak yang mesti ditempuh adalah sekitar 1.200 km. Stage 1 berhasil dimenangkan oleh Pablo Quintanilla (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), stage 2 menjadi milik Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team), stage 3 kembali dimenangkan oleh Pablo Quintanilla, dan yang paling kencang pada stage 4 adalah Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing. Terus gimana dengan stage 5 yang menjadi penentu kemenangan di Atacama Rally 2019?

Jarak tempuh pada stage 5 nggak terlalu jauh, hanya sekitar 180 km. Meskipun demikian, stage ini adalah stage yang sangat menentukan karena beberapa pembalap masih berpeluang besar memenangi Atacama Rally 2019. Namun nggak bisa dipungkiri anak kampung sini, Pablo Quintanilla, tampil sangat memukau. Pablo Quintanilla yang dilepas start pada urutan kelima ternyata mampu menyalip Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing) yang berada di depannya. Setelah itu Pablo dengan bebas bernavigasi melewati Gurun Atacama. Pablo terus menggeber motor dengan kencang tanpa melakukan kesalahan berarti. Dia pun menyentuh garis finish dengan catatan waktu paling cepat, bahkan lebih cepat 2 menit dibandingkan dengan pembalap yang berada di posisi kedua. Dengan menang di tiga stage dari total lima stage yang diperlombakan, maka Pablo Quintanilla secara total juga meraih catatan waktu paling cepat sehingga berhak mendapatkan predikat juara Atacama Rally 2019!

Kemenangan yang didapatkan oleh Pablo Quintanilla sekaligus merontokkan dominasi Monster Energy Honda Team yang selama beberapa tahun terakhir mendapatkan gelar juara Atacama Rally. Di klasemen akhir, pembalap Honda hanya menempati posisi ketiga (Joan Barreda), kelima (Kevin Benavides), dan keenam (Ricky Brabec), sedangkan posisi kedua dan keempat ditempati oleh dua pembalap Red Bull KTM Factory Racing Sam Sunderland dan Toby Price.

Selain Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing yang berpesta karena mendapatkan gelar juara Atacama Rally 2019, tim Red Bull KTM Factory Racing juga ikut berpesta di Chile. Meskipun Sam Sunderland hanya berhasil meraih posisi kedua di Atacama Rally 2019, namun poin yang didapatkan oleh pembalap andalan KTM ini sudah cukup untuk menempatkan dirinya sebagai juara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Balapan FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 memang masih menyisakan satu seri lagi di Rally of Morocco, tapi ya mau bagaimana lagi, poin milik Sam Sunderland nggak mungkin terkejar oleh pembalap lain setelah menang di Abu Dhabi Dessert Challenge dan Silk Way Rally ditambah dengan runner up di Atacama Rally. Selamat buat Husqvarna dan KTM!

Advertisements