Geber Motor Baru KLX230 di Gisting 360 Adventure Trail 2019

Hallo guys… Kali ini saya akan cerita mengenai pengalaman adventure dengan sebuah motor trail di event Gisting 360 Adventure Trail 2019, Tanggamus, Lampung, pada 24 Agustus 2019 lalu yang diinisiasi salah satunya oleh nama beken yaitu Om Edi Kampang dari Never Say Old (NSO). Kenal dengan NSO atau Om Edi Kampang? Ya, doi adalah event organizer (EO) dari event-event gede, salah duanya adalah Malang Adventure Trail (MAT) dan Indonesia Enduro Rally Championship (IERC). Bisa dibilang setiap event yang digelar oleh NSO selalu gede, ramai, megah, dan dihadiri oleh para bintang tamu top Indonesia. Jadi memang agak susah menolak ajakan ke event NSO, apalagi kalau event itu ada di kandang sendiri. Iya nggak?

Mewahnya event Gisting 360 Adventure Trail 2019 bisa dilihat mulai dari setup panggung, banyak sponsor-sponsor dari brand ternama, bintang tamu di panggung hiburan Roy Jeconiah, rider star si Ayu Windari (AW.Rose), dan hadiah undian mulai dari motor hingga mobil Daihatsu Ayla yang semuanya merupakan produk baru. Dari segi biaya pendaftaran (Rp 200.000) pun mungkin menjadi salah satu yang paling mahal di Lampung untuk one day event. Biasanya sih biaya pendaftaran di sini berkisar antara Rp 100.000 sampai dengan Rp 150.000. Tapi nyatanya biaya yang sedikit lebih mahal itu nggak menyurutkan niat para off-roader untuk berkumpul di Gisting. Nggak percaya? Total ada sekitar 1.700 rider yang melakukan registrasi di event ini lho!

Seperti biasa, saya ke Gisting rombongan bareng temen-temen dari Way Mili Trail Adventure (WTA) – Lampung Timur yang berjumlah tujuh orang. Kebetulan lagi saya kali ini nggak pakai KLX170 andalan, tapi pakai motor baru KLX230 milik Kawasaki Lampung (PT Sumber Trada Motor). Kalau ngomongin soal jalur, jujur saja menurut saya nggak ada yang cukup istimewa di Gisting 360 Adventure Trail 2019. Kebanyakan berupa jalur double track yang dikombinasikan dengan jalur single track di wilayah pegunungan dengan tingkat kesulitan hingga medium. Beda dengan event KUTIL Independent Anniversary #01 di Pubian – Lampung Tengah yang menyajikan jalur petarung.

Di banyak spot kami bisa menggeber motor dengan kencang. Cukup banyak tanjakan-tanjakan di mana kita bisa membuka gas sedalam-dalamnya. Beruntung sekali KLX230 memang sangat enak dipakai pada model jalur seperti ini. Karakter tenaganya nggak liar, justru lembut tapi ngisi terus. Kapan pun butuh tenaga ekstra, mesin 233 cc SOHC 2-valve siap menyalurkannya dengan lembut ke roda belakang. Bobotnya yang mencapai 132 kg pun nggak begitu terasa karena handling motor ini nggak ada bedanya dengan KLX150. Handlingnya ringan dan nggak mengintimidasi! Tapi sayangnya karena knalpot masih standar dan nggak terdengar suaranya, saya beberapa kali hampir menghantam teman saya sendiri waktu nyalip di tanjakan. Motornya bisa diajak kencang, namun suaranya senyap.

Sepanjang perjalanan nggak terlalu banyak jalur yang teknikal. Ada sih sekitar dua tanjakan penuh dengan lumpur, basah, dan licin, namun bisa dilewati dengan baik bahkan dengan ban standar dual purpose milik KLX230 sekalipun. Tenaga motor yang smooth malah enak buat ngerayap di tanjakan licin, basah, dan berlumpur. Beda dengan motor over power yang montang-manting ke sana-sini. Mungkin tanjakan yang agak teknikal di Gisting 360 adalah Tanjakan Raja Mbadok menjelang rest area makan siang dan Tanjakan Gasax yang merupakan tanjakan terakhir. Tanjakan Raja Mbadok nggak terlalu tinggi, tapi sudah tegak sejak dari bawah. Terlihat sepele sih, walaupun nyatanya saya gagal sukses dalam satu kali percobaan. Butuh dua kali nyoba baru berhasil. Banyak juga rider yang gagal di sini. Kemudian untuk Tanjakan Gasax yang notabene paling sulit, saya nggak coba. Saya melipir bareng Mas Dedi karena motor doi bermasalah di sistem transmisinya, plus antrean nanjaknya rame parah. Nggak terlalu jauh dari Tanjakan Gasax ternyata kami sudah sampai di titik finish.

Overall dari segi jalur, event Gisting 360 Adventure Trail 2019 mungkin kurang memuaskan. Tapi apakah kami kecewa? Jelas nggak! Karena dari segi entertain, event ini sangat luar biasa. Atmosfernya begitu meriah. Ribuan off-roader dari berbagai penjuru wilayah Indonesia tumplek-blek di Lapangan Gisting Atas bareng warga sekitar menikmati hiburan yang sudah disediakan oleh NSO. Meskipun saya nggak dapat hadiah, tapi tetap bersyukur ada rekan kami dari Sadar Sriwijaya – Lampung Timur (Mas Aples) yang bisa membawa pulang grand prize satu unit mobil Daihatsu Ayla. Selamat yo mas! Hehehe..

Advertisements