Hot News: Rally Dakar Bakal Masuk World Championship Mulai 2021

Tentu temen-temen sudah nggak asing lagi dengan yang namanya ajang balap Rally Dakar. Bukan rahasia lagi Rally Dakar merupakan ajang balap rally paling bergengsi, paling brutal, paling ekstrem, paling panjang jarak tempuhnya, dan paling panjang waktu gelarannya. Kayaknya nggak ada lagi ajang balap rally yang lebih gila dari Rally Dakar. Bahkan kalau ngomongin soal prestis, Rally Dakar ini gengsinya jauh lebih besar daripada kejuaraan dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship. Rata-rata tim atau pembalap ikut FIM Cross-Country Rallies World Championship hanya untuk persiapan atau latihan sebelum bertarung di Dakar. Padahal kejuaraan dunia (world championship) lho, tapi levelnya justru lebih rendah daripada Dakar. Tapi ada selentingan kabar yang cukup menarik nih guys… Konon kabarnya Rally Dakar akan masuk ke dalam kalender kejuaraan dunia FIM Cross-Country Rallies World Championship mulai tahun 2021!

Sejumlah pihak yang berkepentingan dalam ajang balap FIM Cross-Country Rallies World Championship memang baru saja melakukan meeting dengan keputusan mulai tahun 2020 nanti akan ada tiga kelas di ajang balap rally dunia, yaitu RallyGP (untuk para rider profesional dan berpengalaman), Rally2 (untuk rider pendatang baru), dan Rally Adventure Trophy (untuk para rider tanpa pendampingan dari mekanik). Sebelumnya cuma ada satu kelas saja. Meeting itu juga menghasilkan kalender sementara gelaran FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020 dengan total ada lima seri balapan.

Kalender Sementara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020:

  • Abu Dhabi Dessert Challenge – 20-26 Maret 2020
  • Rally Kazakhstan – 24-29 Mei 2020
  • Silk Way Rally – 3-17 Juli 2020
  • Rally dos Sertoes – Agustus/September 2020 (akan dikonfirmasi lebih lanjut)
  • Rally of Morocco – 8-13 Oktober 2020

Kabar yang cukup panas pasca pertemuan itu menurut FIM adalah setelah melakukan perundingan yang panjang selama bertahun-tahun, Rally Dakar akan menjadi seri pembuka FIM Cross-Country Rallies World Championship 2021. Untuk sekarang hanya informasi itu saja yang bisa diberikan oleh FIM. Mengenai informasi detail lainnya baru akan dikeluarkan di kemudian hari. IMHO ini menjadi kabar bagus buat Rally Dakar dan FIM Cross-Country Rallies World Championship karena mereka bakal melebur menjadi satu kompetisi yang secara otomatis juga menaikkan gengsi world championship tanpa menurunkan gengsi Rally Dakar itu sendiri. So, nanti pada tahun 2021 itu fokus tim dan pembalap bukan hanya Rally Dakar saja, tapi seluruh seri world championship agar bisa menjadi yang terbaik di dunia.

Advertisements