• Home »
  • Article »
  • Ini Spesifikasi Rahasia Motor Tim Factory KTM 300 TPI Milik Cody Webb

Ini Spesifikasi Rahasia Motor Tim Factory KTM 300 TPI Milik Cody Webb

Selama kurang lebih lima tahun terakhir pembalap asal Amerika Serikat, Cody Webb, telah bertransformasi sebagai salah satu pembalap hard enduro, EnduroCross, dan SuperEnduro terbaik di dunia. Cody telah berhasil memenangkan banyak gelar event off-road outdoor dan indoor di Amerika Serikat maupun di berbagai belahan dunia lain. Kemenangan dan berbagai macam gelar yang didapatkan oleh Cody nggak cuma berasal dari skill-nya yang memang sangat mumpuni, tapi juga didukung oleh tim dan motor terbaik. Yups, saat ini Cody bernaung di tim FMF KTM Factory Racing dan tentu saja doi mendapatkan dukungan penuh dari pabrikan asal Austria berupa paket motor yang mampu meraih berbagai macam gelar. Memang seperti apa sih rahasia dapur motor milik pembalap tim factory seperti Cody Webb??

Cody Webb mengalami terjatuh hingga cidera saat latihan dalam rangka persiapan ErzbergRodeo 2019. Dirtbikemagazine.com menjadi salah satu pihak yang memberikan pertolongan dengan membawa Cody dan motornya keluar dari dalam track sebelum Cody menjalani operasi. Dari sana Dirtbikemagazine.com bisa mencicipi langsung dan tahu berbagai macam rahasia yang ada pada motor KTM 300 EXC TPI milik Cody Webb. Banyak yang membayangkan motor milik pembalap tim factory menggunakan part-part eksotis dengan harga yang luar biasa mahal dan mustahil untuk mendapatkannya bagi konsumen biasa. Tapi ternyata itu nggak terjadi pada motor yang dipakai oleh Cody.

Memang betul motor 2-tak KTM 300 EXC TPI atau KTM 300 XC-W TPI yang dipakai oleh Cody Webb rata-rata sangat eksotis dan harganya mahal. Namun 75% komponen yang dipakai itu bisa dibeli di dealer resmi KTM asalkan konsumen punya budget yang memadai. Misalnya saja bagian internal mesin nggak terlalu banyak ubahan. Salah satu ubahan yang dilakukan adalah mekanik Cody mencopot semua sistem kopling standar KTM 300 TPI kemudian menggantinya dengan sistem kopling buatan Hinson yang lebih kuat. Sistem kopling Hinson banyak dijual di pasaran kok!

Pada jeroan mesin, tanda casting pada cylinder OEM telah dihapus, tapi tidak ada porting atau pekerjaan lain yang dilakukan pada cylinder head. Mapping ECU 100% menggunakan mapping factory, bersifat sangat rahasia, dan tidak untuk umum. Setidaknya untuk saat ini. Ada kemungkinan kalau mapping ECU ini terbukti lebih bagus, bukan mustahil KTM akan mengaplikasikannya pada motor baru atau software itu juga bisa digunakan untuk update pada motor lama. Selain mapping ECU, kombinasi pipa knalpot FMF dan silencer-nya juga masih menjadi rahasia. Meskipun demikian, konsumen umum bisa membeli knalpot FMF yang mirip seperti milik Cody di pasaran. Ingat, mirip bukan berarti sama atau identik ya… Karena KTM 300 TPI ini dipakai dalam kondisi yang sangat ekstrem, mekanik Cody, Robby Goolsby, memasang kipas radiator tambahan dengan saklar manual untuk menjaga mesin agar tetap dingin. Lagi-lagi extra fan ini bisa dibeli di dealer KTM.

Nah, perubahan yang cukup radikal ada pada bagian sasis. Suspensi WP XPLOR 48 bawaan KTM 300 TPI ditanggalkan, lalu diganti dengan WP AER 48 Cone Valve di bagian depan dan suspensi WP TRAX shock pada bagian belakang. Nggak bisa dipungkiri semua pembalap tim factory memang lebih memilih kombinasi suspensi WP Cone Valve dan WP TRAX daripada suspensi standar WP XPLOR. Pastinya berbagai macam settingan suspensi ini disesuaikan dengan keinginan dan karakter pembalap. Bisa dibilang WP Pro Components ini dapat dibeli oleh konsumen di dealer KTM. Mungkin konsumen nggak bisa mendapatkan suspensi yang benar-benar sama dengan milik Cody, tapi paling nggak sangat mendekati.

Komponen apa lagi yang dipasang pada motor Cody? Ada kaliper rem belakang factory Brembo, triple clamps XTRIG, footpegs buatan IMS, handle koplling dan rem depan dari ARC, stang Renthal, hand guard Acerbis, disc guard Acerbis, sprocket Renthal, sarung jok Selle Dalla Valle, throttle housing dari Nihilo Concepts, velg dan hub standar bawaan KTM 300 TPI, ban belakang Dunlop AT81EX dengan foam mousse tube, dan ban depan Dunlop MX52. Kalau diperhatikan komponen-komponen yang terpasang memang eksotis, tapi tetap bisa didapatkan di pasaran. Tentu dengan harga yang nggak murah. Yang nggak bisa didapatkan di pasaran sepertinya cuma mapping ECU dan rahasia jeroan knalpot. Menurut Dirtbikemagazine.com yang udah coba motor ini, mereka bilang bahwa ini adalah KTM 300 TPI terbaik yang pernah mereka coba. Kombinasi antara mapping factory, setelan suspensi, kaliper rem factory Brembo, dan sejumlah settingan dari mekanik tim factory Robby Goolsby membuat feel mengendari KTM 300 TPI milik Cody begitu luar biasa. Gimana, punya KTM 300 TPI dan pengen membangun motor seperti punya Cody? Siapin aja budget yang banyak!

Advertisements