WR250F Model Year 2020 Jadi Motor Enduro Non-Homologated

Baru-baru ini ada kabar bagus dari Yamaha yang secara resmi merilis motor enduro generasi terbaru WR250F model year 2020. Bisa dibilang WR250F model year 2020 mengalami lompatan yang sangat jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya karena menggunakan basis mesin, rangka, dan suspensi yang sama persis dengan motocross YZ250F generasi terbaru. Tentu dengan sejumlah penyesuaian agar WR250F jauh lebih nyaman dan cocok ketika dipakai di medan enduro. Bahkan Yamaha secara terang-terangan mengklaim WR250F model year 2020 adalah motor enduro 250 cc 4-tak paling canggih dan paling powerful yang pernah dibuat oleh pabrikan Iwata!

Akan tetapi selain kabar baik di atas juga ada kabar yang kurang mengenakkan mengenai WR250F model year 2020. Apa itu mas? Yups, secara resmi Yamaha memberikan konfirmasi bahwa WR250F model year 2020 merupakan motor enduro non-homologated. Artinya WR250F gen paling anyar tidak dihomologasikan untuk bisa dipakai di jalan raya. Motor ini hanya bisa dipakai di jalur-jalur off-road, lintasan tertutup, area milik pribadi, dan event-event balap yang tidak butuh motor homologasi Euro 4. Mengenai perbedaan antara motor enduro homologated dan non-homologated bisa temen-temen baca di artikel lawas.

Sebelumnya WR250F adalah motor enduro homologated yang bisa mendapatkan lisensi dan tentunya bisa dipakai di jalan raya, tapi sekarang nggak lagi… Kemungkinan WR250F model year 2020 menjadi motor enduro non-homologated karena Yamaha lebih mengutamakan power mesin yang lebih beringas dan tanpa restriksi. Imbasnya WR250F nggak bisa memenuhi standar regulasi emisi Euro 4 yang berlaku di Eropa saat ini, baik itu dari sisi emisi gas buang maupun emisi suara. Kalau buat market Indonesia sih nggak ngaruh ya mau homologated ataupun non-homologated. Kebanyakan distributor di sini hanya menjual motor enduro dalam bentuk off the road tanpa surat-surat kok. Ntah itu KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, dan lain-lain semuanya menjual motor enduro dalam bentuk off the road walaupun motornya sendiri sebenarnya lolos homologasi hingga Euro 4

Advertisements