GPX Moto Punya Produk Motor Trail Baru, Namanya XTR T4 250 LC

GPX Moto, sebuah brand motor trail asal Amerika Serikat yang memproduksi produknya di China, baru-baru ini memperkenalkan motor trail baru mereka yang diberi nama XTR T4 250 LC. Secara umum paket motor yang diberikan oleh GPX kepada XTR T4 250 LC jauh lebih sederhana dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya seperti TSE250R atau FSE250R. Alasannya karena XTR T4 250 LC memang dipasang sebagai motor trail entry level dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Mungkinkah XTR T4 250 LC masuk ke Indonesia?

Kalau dilihat penampilan dan spesifikasinya XTR T4 250 LC memang tergolong sederhana. Motor ini menggunakan mesin 223 cc SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara. Tidak diketahui berapa output power yang dihasilkan oleh mesin ini. Namun diyakini powernya berada di sekitar 18-20 HP. Kurang lebih basis mesin yang dipakai pada XTR T4 250 LC mirip-mirip dengan mesin Honda CRF230F. Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan sistem pembakaran karburator PZ30 dan sistem transmisi manual 5-speed. Untuk menghidupkan mesin GPX memberikan dua opsi sekaligus, yaitu kick starter dan electric starter.

Untuk sasis, XTR T4 250 LC menggunakan model central double cradle frame yang terbuat dari bahan baja. Suspensi depan pakai model upside down yang bisa disetel compression dan rebound-nya, sedangkan suspensi belakang mono shock dari DNM dengan linkage yang juga bisa disetel compression dan rebound-nya. Lalu pada bagian roda, XTR T4 250 LC pakai rim yang terbuat dari bahan aluminium lengkap dengan ban dengan ring 18-21 inch. Ban ini murni ban off-road tulen. Jadi untuk keperluan bermain off-road nggak perlu diganti. Bisa langsung gas!!

Hal lain yang cukup menarik adalah XTR T4 250 LC dilengkapi dengan lampu utama, lampu belakang, lampu sein, konsol speedometer digital, kaca spion, hingga plate holder. Jadi hampir bisa dipastikan XTR T4 250 LC legal dipakai di jalan raya. Belum lagi di belakang jok ada enduro rack yang bisa berfungsi untuk menaruh barang seperti tas kecil atau apapun itu ketika melakukan kegiatan off-road, enduro, atau adventure. Praktis sih, nggak perlu beli enduro rack secara terpisah. IMHO produk yang satu ini ada kemiripan dengan Diablo 200x yang juga sudah dipasarkan di Indonesia.

Pertanyaannya, mungkinkah XTR T4 250 LC masuk ke Indonesia? Peluang itu sebenarnya relatif besar. Kenapa? Karena di Indonesia ada distributor resmi GPX Moto, yaitu Dr. No Offroad Industries. So far produk GPX Moto yang dijual oleh Dr. No Offroad Industries adalah TSE250R (2-tak) dan FSE250E (4-tak). Masing-masing motor itu dibandrol Rp 70 juta dan Rp 55 juta. Jika XTR T4 250 LC masuk, maka produk GPX Moto di Tanah Air semakin lengkap dengan berbagai macam rentang harga. Di Amerika Serikat sana XTR T4 250 LC harga retailnya US$ 2.950 atau sekitar Rp 41,5 juta. Tapi kalau masuk ke Indonesia mestinya bisa diset di angka Rp 30 jutaan karena produknya sendiri diambil dari China, bukan dari Amerika Serikat langsung. Otomatis shipping cost dan biaya perpajakan barang dari China jauh lebih murah.

Advertisements