AHM Kipas-Kipas Dolar, Ekspor Honda CRF150L Semakin Moncer!

Saya mendapatkan rilis resmi dari PT Astra Honda Motor (AHM) nih bro… Disebutkan dalam rilis itu bahwa salah satu produk andalan mereka di segmen motor trail, Honda CRF150L, ternyata terus membukukan kinerja yang sangat positif di pasar ekspor. Menurut informasi dari AHM, sepanjang bulan Agustus 2019 yang lalu mereka berhasil mengirimkan sebanyak 1.160 unit CRF150L ke luar negeri. Angka itu naik signifikan dibandingkan dengan ekspor pada Agustus 2018 yang hanya sebanyak 680 unit. Semakin tingginya ekspor CRF150L tentunya ikut berkontribusi meningkatkan angka ekspor AHM secara keseluruhan dan semakin membuat pabrikan dengan logo sayap mengepak kipas-kipas dolar!

Nggak bisa dipungkiri CRF150L memang punya desain yang cukup ciamik dan modern sehingga membuat para penggemar motor trail entry level dari dalam dan luar negeri terpikat. Apalagi CRF150L dilengkapi dengan mesin yang sudah mengadopsi sistem pembakaran injeksi meskipun secara umum basis mesin yang dipakai masih cukup sederhana, yaitu mesin 150 cc SOHC, 4-tak, 2-klep, dan sistem pendingin udara. Kemudian keunggulan lainnya adalah suspensi depan CRF150L sudah pakai model upside down buatan Showa yang nggak cuma terlihat gagah tapi juga nyaman ketika melibas berbagai kondisi medan off-road.

Sebenarnya angka ekspor CRF150L pada Agustus 2019 masih sedikit lebih kecil dibandingkan dengan angka ekspor pada Juli 2019. Kalau Agustus 2019 mereka mengirimkan sebanyak 1.160 unit CRF150L ke luar negeri, pada bulan sebelumnya AHM justru mengirimkan sebanyak 1.200 unit. Tapi kalau dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya memang meningkat drastis. Kemungkinan tren ekspor CRF150L sampai akhir tahun 2019 nanti masih akan tetap bertengger di angka 1.000 – 1.200 unit per bulan dengan lokasi pengiriman kebanyakan berada di wilayah Asia. Semuanya dikirimkan dalam bentuk CBU (completely built up). Nice!

“Kami senantiasa berupaya untuk menghasilkan produk sepeda motor yang memiliki kualitas terbaik berstandar global. Kami optimis hingga akhir tahun ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda akan meningkat,” ungkap General Manager Overseas Division PT AHM Kurniawati Slamet.

Last… AHM merupakan perusahaan patungan antara PT Astra International dengan Honda Motor Corporation (Jepang) dengan komposisi saham 50:50. AHM sekarang ini sudah menjadi pabrikan motor terbesar di Indonesia dengan market share di atas 70%. Sebagian besar produk motor Honda yang dijual di Indonesia memang diproduksi secara lokal di empat pabrik yang tersebar di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Cuma sebagian kecil produk saja yang diimpor dari pabrik Honda lainnya di luar negeri. Selain untuk market lokal, AHM juga mengekspor produk-produk buatannya ke luar negeri. Hasilnya pada Agustus 2019 ini AHM memberikan kontribusi sebesar 37% dari market ekspor motor dari Indonesia ke luar negeri!

Advertisements