• Home »
  • Article »
  • Motor Trail untuk Anak-Anak KTM SX-E5 Generasi Terbaru Resmi Dirilis

Motor Trail untuk Anak-Anak KTM SX-E5 Generasi Terbaru Resmi Dirilis

Guys… KTM baru saja memberikan pengumuman bahwa mereka secara resmi telah meluncurkan motor trail elektrik KTM SX-E5 generasi terbaru model year 2020. Rencananya motor trail untuk anak-anak dengan usia mulai dari tiga tahun sampai dengan 10 tahun ini akan tersedia di dealer resmi KTM dalam waktu yang sangat dekat. Mungkinkah KTM SX-E5 generasi terbaru ini masuk ke Indonesia? Kalaupun iya, berapa bandrol harganya? Sebelum kita bahas mengenai pertanyaan itu mendingan kita ulas dulu fitur dan spesifikasi KTM SX-E5 generasi terbaru ya!

Sebagai mini bike, dimensi KTM SX-E5 memang kecil. Maklum motor ini ditujukan untuk anak-anak. Menariknya adalah rentang usia yang ditargetkan untuk KTM SX-E5 tergolong panjang. Menurut keterangan KTM, anak-anak dengan usia mulai dari tiga tahun hingga 10 tahun masih bisa menggunakan motor tersebut. Jadi sebenarnya nggak rugi-rugi amat buat orang tua membelikan KTM SX-E5 karena masa pakainya lumayan panjang sebelum anak-anak berpindah ke motor yang lebih besar.

Desain KTM SX-E5 khas banget KTM, sangat menarik. Motor elektrik ini desainnya nggak jauh beda dengan KTM 50 SX yang menggunakan mesin konvensional 2-tak. Frame yang dipakai pada KTM SX-E5 sebenarnya juga identik dengan milik KTM 50 SX. Kemudian KTM SX-E5 dibekali dengan suspensi depan WP XACT 35 dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage juga dari WP XACT. Di sektor mesin, KTM SX-E5 generasi teranyar ini menggunakan motor elektrik dengan tenaga sebesar 5 kW lengkap dengan baterai lithium-ion berkapasitas 907 mAh. Fitur fast charging atau pengisian baterai dengan cepat pun sudah tersedia di motor ini.

Mungkin temen-temen penasaran, kok bisa KTM SX-E5 dipakai oleh anak-anak dengan rentang usia sangat panjang, mulai dari tiga hingga 10 tahun? Jawabannya adalah karena KTM SX-E5 punya fitur adjustable seat height atau ketinggian jok yang bisa disetel. Tinggi rendahnya jok bisa diatur secara manual. Tapi kalau masih kurang pendek, KTM menyediakan lowering kit yang bisa dibeli secara terpisah. Nah, nggak cuma itu aja, mesin KTM SX-E5 tersedia dalam enam pilihan riding mode yang secara otomatis punya enam output power yang berbeda. Jadi aman buat anak-anak yang baru belajar motor sekalipun.

“KTM SX-E5 adalah model yang sangat kita nantikan bisa segera dilihat di dealer. Motor ini menawarkan sasis yang premium, seperti yang tersedia pada seluruh varian SX, tetapi juga punya banyak keunggulan dalam hal kenyamanan berkendara berkat motor elektrik, sangat mudah dikendarai, dan pada waktu yang sama bisa sangat kencang tanpa menimbulkan kebisingan,” ungkap oachim Sauer, KTM Senior Product Manager for Off-Road.

Sama seperti motor elektrik lainnya, KTM SX-E5 boleh dibilang sangat minim perawatan. Ketika akan menggunakannya, rider hanya perlu mengisi baterai dengan mencolokkan kabel charger ke socket listrik yang ada di rumah. Selain itu rider cukup melumasi rantai menggunakan chain lube dan motor pun sudah siap digeber! Yups, walaupun menggunakan mesin elektrik namun KTM SX-E5 tetap mengandalkan sistem penggerak rantai yang dihubungkan ke roda belakang.

Apakah motor ini bakal dijual di Indonesia? Kalau melihat daftar harga produk model year 2020 yang dikeluarkan oleh KTM Indonesia sepertinya sih iya. Di dalam daftar harga itu sudah nongol nama KTM SX-E5 dengan bandrol harga yang cukup bikin ciut nyali. Motor mungil ini akan dijual oleh KTM Indonesia dengan bandrol Rp 97 juta off the road. Lumayan jauh lebih mahal daripada KTM 50 SX yang cuma Rp 67 juta. Tapi tentunya meski punya dimensi dan performa yang berimbang dengan KTM 50 SX, KTM SX-E5 punya sejumlah keunggulan mulai dari mesin tanpa polusi udara dan polusi suara, nggak perlu isi bahan bakar minyak yang sekarang semakin mahal, dan yang pasti punya enam pilihan riding mode! Gimana bro, tertarik beli KTM SX-E5 buat anak-anak?

Advertisements