WESS 2019: Dominasi Total KTM di Hawkstone Park Cross Country

Beberapa hari yang lalu kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2019 telah menyelesaikan seri yang keenam di Hawkstone Park Cross Country, Inggris. Hasilnya adalah KTM menjadi pabrikan motor yang benar-benar mendominasi balapan pada seri keenam dengan menempatkan lima pembalapnya menempati posisi lima besar sekaligus. Nggak ada pembalap dari pabrikan lain yang berhasil membendung dominasi KTM di Hawkstone Park Cross Country 2019!!

Seperti temen-temen ketahui, WESS merupakan kompetisi balap enduro multi disiplin yang terdiri dari balap hard enduro, classic enduro, hingga cross-country. Secara total WESS 2019 memperlombakan delapan seri balap dari berbagai disiplin tersebut sehingga diharapkan pada akhir musim akan didapatkan pembalap yang bisa mengumpulkan poin terbanyak dan berhak atas gelar The Ultimate Enduro Champion alias pembalap enduro paling top, multi talent, dan paling hebat di dunia.

Pada seri keenam di Hawkstone Park Cross Country, Inggris, pembalap Red Bull KTM Factory Racing Nathan Watson sangat mendominasi sejak hari pertama hingga hari kedua. Hasilnya pembalap asal Inggris ini mampu menjadi juara Hawkstone Park Cross Country dan mengumpulkan tambahan 1.000 poin dalam kompetisi WESS 2019. Nah, pembalap tim privateer KTM Manuel Lettenbichler yang sebenarnya spesialis dalam kompetisi hard enduro juga tampil sangat memikat. Manni berhasil menempati posisi kedua kedua sehingga meraih 850 poin sekaligus mempertahankan diri sebagai pimpinan klasemen sementara WESS 2019.

“Aku merasa cukup banyak tekanan pada akhir pekan ini karena banyak yang berharap aku bisa menang. Memenangkan Sprint Enduro (hari pertama) memberikan tambahan kepercayaan diri buatku pada hari kedua, tapi kemudian aku melakukan start yang buruk sehingga berada di posisi hampir paling akhir. Aku menyalip dengan agresif untuk kembali berada di depan. Ketika aku sudah memimpin, aku merasa nyaman dan bisa mengontrol kecepatan. Aku sekarang percaya diri menghadapi BR2 Enduro Solsona (seri ketujuh WESS),” ungkap Nathan Watson.

Selain Nathan Watson, tiga pembalap Red Bull KTM Factory Racing lainnya juga mencatatkan prestasi bagus di Hawkstone Park Cross Country. Jonny Walker misalnya bisa kembali sukses meraih podium (posisi ketiga), kemudian Taddy Blazusiak berada di posisi keempat dan pemenang Hawkstone Park Cross Country musim lalu Josep Garcia menempati posisi kelima. Praktis lima motor KTM berada di posisi lima besar baik itu yang berasal dari tim factory maupun factory supported.

Nah, setelah menjalani balapan di Hawkstone Park Cross Country, maka Manuel Lettenbichler masih menjadi pembalap yang mengumpulkan poin terbanyak alias menjadi pimpinan klasemen sementara WESS 2019 diikuti oleh Graham Jarvis dan Alfredo Gomez. Kompetisi WESS 2019 sendiri masih menyisakan dua seri balapan lagi yaitu di BR2 Enduro Solsona (Spanyol) dan GetzenRodeo (Jerman). Mampukah Manuel Lettenbichler mempertahankan posisinya? Atau malah gelar The Ultimate Enduro Champion akan direbut oleh pembalap lain?

Hasil Hawkstone Park Cross Country 2019:

  1. Nathan Watson – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Manuel Lettenbichler – KTM Supported
  3. Jonny Walker – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
  5. Josep Garcia – Red Bull KTM Factory Racing
  6. Alex Snow – Gas Gas
  7. Will Hoare – KTM
  8. Alfredo Gomez – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  9. Graham Jarvis – Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing
  10. Suff Sella – KTM

Klasemen Sementara WESS 2019 Pasca Hawkstone Park Cross Country:

  1. Manuel Lettenbichler – 4.420 poin
  2. Graham Jarvis – 3.920 poin
  3. Alfredo Gomez – 3.645 poin
  4. Jonny Walker – 3.470 poin
  5. Taddy Blazusiak – 3.280 poin
  6. Josep Garcia – 3.165 poin
  7. Mario Roman – 3.070 poin
  8. Nathan Watson – 3.031 poin
  9. Billy Bolt – 2.725 poin
  10. Pol Tarres – 2.270 poin
Advertisements