• Home »
  • Article »
  • Honda Africa Twin 2020: Power Meningkat, Aura Off-Road Semakin Kental

Honda Africa Twin 2020: Power Meningkat, Aura Off-Road Semakin Kental

Baru-baru ini Honda baru saja memperkenalkan motor petualang generasi terbaru yaitu Honda CRF1100L Africa Twin model year 2020. Africa Twin model baru ini mengalami banyak sekali peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mulai dari nama yang berubah dari CRF1000L Africa Twin menjadi CRF1100L Africa Twin yang otomatis kapasitas mesinnya mengalami peningkatan, power naik, bobot justru mengalami penyusutan, dan Honda mengklaim Africa Twin terbaru lebih lincah daripada generasi lawas.

Nah, Africa Twin generasi yang sekarang atau yang lawas lah, itu terdiri dari Africa Twin standar dan Africa Twin Adventure Sport. Africa Twin Adventure Sport memiliki aura off-road yang lebih kental dengan suspensi yang lebih panjang, ada crash bar, dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang lebih besar. Tapi untuk Africa Twin model year 2020 justru sebaliknya. Versi standar malah punya aura off-road lebih kuat, sedangkan Africa Twin Adventure Sport justru menjadi motor tourer yang nyaman. Namun baik Africa Twin standar maupun Africa Twin Adventure Sport terbaru sama-sama mengusung mesin 1.084 cc dua silinder. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, revisi di bagian silinder dan klep, throttle body lebih besar, dan injektor lebih besar sehingga semprotan bahan bakar lebih maksimal, maka Africa Twin terbaru mengalami lonjakan power sebesar 100,5 HP dari yang sebelumnya 94 HP serta torsi juga meningkat 6%.

Nggak cuma sektor mesin yang mendapatkan upgrade, Africa Twin 2020 juga mendapatkan upgrade besar-besaran di bagian elektronik. Sekarang Africa Twin mendapatkan 6 axis IMU dari Bosch yang membuat motor lebih sensitif terhadap traction control, cornering ABS, dan wheelie control dan torque control. Semuanya serba diatur oleh elektronik. Sebagai tambahan, Africa Twin terbaru dibekali empat riding mode (Tour, Urban, Gravel, dan Off-Road) dengan berbagai macam level intervensi dari perangkat elektronik. Belum lagi dashboard motor ini menggunakan layar TFT 6,5 inch yang membuatnya terkesan mewah. Canggihnya adalah layar ini bisa terhubung dengan gadget Android dan iOS via Bluetooth untuk menampilkan navigasi dan musik.

Pada dasarnya Honda membuat banyak sekali perubahan pada Africa Twin model year 2020 yang membuat motor ini menjadi lawan berat bagi BMW R 1200 GS series atau KTM 1290 Super Adventure series, baik itu dari segi fitur, performa, kenyamanan touring, hingga kemampuan off-road. Rencananya Africa Twin 2020 yang standar maupun yang Adventure Sport sama-sama akan dibekali dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan sistem transmisi DCT (dual clutch transmission). Sistem DCT memungkinkan perpindahan gigi dilakukan secara otomatis oleh sistem yang ada pada motor. Kemungkinan Africa Twin 2020 bakal masuk ke Indonesia tahun depan menggantikan Africa Twin yang ada sekarang.

Advertisements