Suzuki Indonesia Ngotot Keluarkan DR150 Tahun 2020 Mendatang

Guys… PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hampir bisa dipastikan akan mengeluarkan motor petulang bernama DR150. Sebenarnya rumor Suzuki bakal merilis DR150 sudah lama. Tapi sepertinya Suzuki Indonesia masih belum cukup siap mengeluarkannya pada tahun ini. Jadi kemungkinan DR150 akan meluncur di pasaran sekitar awal tahun 2020 mendatang. Tentu saja DR150 nggak bertarung langsung dengan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L, melainkan bermain di segmen yang benar-benar baru yaitu motor touring adventure 150 cc.

Unit test DR150 sendiri sudah cukup lama berkeliaran di Indonesia. Motor ini bukanlah motor yang dibangun oleh Suzuki sendiri, tapi rebranding dari produk asal Tiongkok, Haojue NK150. Konsep motor ini benar-benar beda dibandingkan dengan KLX150 dan CRF150L. DR150 lebih ke arah street bike dengan aura adventure. Kesan adventure pada motor ini tampak pada penggunaan ban dengan ring 17-19 inch. Selebihnya sih lebih condong ke arah street bike. Menurut saya sih DR150 cenderung sebagai motor adventure dengan orientasi aspal (street oriented), beda dengan KLX150 dan CRF150L yang lebih bergaya dirt bike.

“Kejutan akhir tahun sudah biasa, (kita bikin) kejutan awal tahun saja lah. Banyak teman lain (kompetitor) sudah launching jadi nanti awal tahun lah. DR150 ada, mungkin bukan tahun ini. Awal tahun depan,” ungkap Departement Head of Sales & Marketing 2W SIS, Pak Yohan Yahya.

Di kalangan penggemar motor trail, sebenarnya cukup banyak penolakan terhadap langkah Suzuki yang ingin meluncurkan DR150 dengan gaya street bike adventure. Banyak yang pengen Suzuki merilis motor trail tulen macam KLX150/CRF150L namun dengan mesin yang lebih garang dengan harga yang masih terjangkau. Tapi mungkin untuk ke arah sana butuh perjalanan yang lebih panjang dan jelimet, sehingga Suzuki Indonesia lebih memilih melakukan rebranding Haojue NK150. Praktis deh!

Advertisements