Knalpot Over Racing untuk Kawasaki KLX230 Dibandrol Rp 2 Jutaan!!

Sejak Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan motor trail baru KLX230 (dual sport) dan KLX230R (off-road), banyak brand-brand part aftermarket yang menawarkan produknya untuk motor baru geng ijo tersebut. Salah satu part yang paling ramai dicari tentu saja adalah knalpot racing. Nggak heran kalau nggak lama setelah KLX230 dan KLX230R meluncur langsung banyak knalpot racing bertebaran. Maklum, kebanyakan pengguna motor trail itu menggunakan motornya di jalur off-road sehingga butuh performa yang lebih nampol dibandingkan dengan standarnya. Salah satu cara yang paling mudah untuk mendongrak performa tentu dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Selain performa lebih mumpuni, suara juga jadi lebih gahar.

Nah, salah satu brand knalpot yang pertama kali mengembangkan knalpot racing untuk KLX230 dan KLX230R adalah Over Racing Japan. Meskipun made in Japan, namun Over Racing sudah banyak malang-melintang di Indonesia, terutama di kalangan penggemar motor trail karena menyediakan knalpot untuk Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L berkualitas bagus tapi dengan harga yang masih terjangkau. Nggak mau kalah langkah, begitu Kawasaki merilis KLX230 dan KLX230R, Over Racing juga menyediakan knalpot racing untuk kedua tipe motor tersebut. Memang berapa sih harga knalpot Over Racing untuk KLX230 dan KLX230R?

Di Indonesia, knalpot Over Racing secara resmi didistribusikan oleh Kawasaki Greentech – Riau. Jadi jangan heran kalau Kawasaki Greentech bisa mendapatkan prototipe knalpot racing untuk KLX230 dan KLX230R sebelum produk massalnya dijual resmi ke pasaran. Kalau nggak salah sekarang ini knalpot Over Racing KLX230 dan KLX230R sudah tersedia dan dijual oleh Kawasaki Greentech dengan harga Rp 2,25 juta (info dari IG Kawasaki Greentech). Harganya tergolong sangat terjangkau. Duit Rp 2 jutaan sudah dapat knalpot full system buatan Jepang. Dengan memasang knalpot Over Racing secara otomatis mendongkrak tenaga dan torsi KLX230/KLX230R, sekaligus bikin suaranya nggak senyap lagi dan bikin bobot total motor menjadi lebih ringan. Percaya deh off-road pakai knalpot standar KLX230 itu nggak enak. Senyap banget!! Waktu ngetes KLX230 beberapa waktu yang lalu, saya tiga kali nyaris menghantam temen sendiri yang ada di depan. Kenapa? Karena doi nggak aware kalau ada motor yang mau nyalip, baik itu di jalur datar maupun di tanjakan.

Oh ya, walaupun Kawasaki Greentech didaulat sebagai distributor resmi Over Racing di Indonesia, bukan berarti knalpot Over Racing hanya ada di Kawasaki Greentech saja ya. Yang pasti nanti knalpot Over Racing untuk KLX230/KLX230R bakal tersedia di bengkel-bengkel trail dan penyedia aksesoris trail di berbagai penjuru Indonesia. Nggak sulit kok mendapatkan knalpot Over Racing asalkan mencari di toko yang tepat. Gampangnya sih cari di bengkel-bengkel atau toko aksesoris khusus motor trail.

Advertisements