Modifikasi Honda CRF450L Dual Sport Ala Pembalap HRC Ken Roczen

Guys… Kenal dengan Ken Roczen? Yups, doi adalah super star di kancah balap AMA Supercross (SX) dan AMA Motocross (MX) di Amerika Serikat yang bernaung dengan Team Honda Racing Corporation (HRC). Bahkan Honda secara resmi telah meluncurkan motor Honda CRF450RWE (Works Edition) dengan spesifikasi lebih gahar plus livery yang identik dengan milik Ken Roczen. Ketika berkompetisi di balap SX dan MX, Ken menggunakan motor balap Honda CRF450RW dengan spec factory yang tentunya berbeda dengan Honda CRF450R standar. Namun belakangan diketahui Ken Roczen juga punya motor dual sport Honda CRF450L yang sudah dimodifikasi sehingga menjadi motor yang lebih keren lagi!

Seperti temen-temen ketahui, CRF450L merupakan motor dual sport yang dikembangkan dari basis motocross CRF450R. CRF450L menggunakan basis mesin, sasis, dan suspensi yang identik dengan CRF450R, tapi sudah dilakukan sejumlah penyesuaian agar tenaga yang dikeluarkan oleh CRF450L lebih jinak, power delivery lebih smooth, suspensi lebih nyaman ketika dipakai di aspal dan di gravel, interval servis lebih panjang, dan banyak penyesuaian lainnya yang membuat motor ini comply dengan regulasi emisi di Amerika Serikat maupun negara-negara lain. Imbasnya CRF450L legal dipakai di jalan raya.

Nah, di tangan Ken Roczen CRF450L diubah ke arah level yang berbeda. Motor ini tetap sebagai motor dual sport tapi punya performa yang lebih nampol dan redaman suspensi yang jauh lebih mantap. Secara umum Ken Roczen nggak mengubah bentuk bodywork. Bodywork masih tetap dibiarkan standar. Hanya saja warna grafisnya diubah menjadi merah dengan kombinasi hitam. Di bodywork itu tertempel logo Roczen, angka 94 khas Roczen, logo KR (Ken Roczen), HRC, Red Bull, dan Moto Whips (MW) karena dalam project ini Ken bekerja sama dengan pemilik Moto Whips Justin Myerson.

Suspensi depan CRF450L milik Ken tetap dibiarkan standar. Kemudian suspensi belakang juga nggak diubah alias sama seperti CRF450L standar. Hanya saja pada suspensi belakang motor milik Ken diberi coating dan menggunakan linkage full factory dari Honda. Master rem tetap dari Nissin lalu diberi logo KR dan dikasih coating. Mesin juga nggak luput dari coating warna stealth all black dengan semua isi mesin dibiarkan standar kecuali bagian kopling di mana Ken memilih menggunakan produk buatan Hinson Racing. Komponen untuk meningkatkan performa yang lain antara lain Champion Adventure, sistem pengapian yang bisa diprogram dari Vortex, dan sistem knalpot Yoshimura lengkap dengan engine mounting dari FCP.

Ubahan-ubahan lainnya bisa terlihat dari ban standar dual sport yang dilengserkan kemudian diganti ban off-road tulen merek Dunlop, rantai dipercayakan kepada DID, sprocket buatan Renthal, dan stang Renthal. Terakhir adalah blinker standar yang berukuran besar juga dilepas lalu diganti dengan blinker berukuran kecil dan tersembunyi buatan Champion Adventure. Dengan berbagai modifikasi ini CRF450L milik Ken Roczen tetaplah motor dual sport yang legal dipakai di jalan raya.

Di pasar global, terutama Amerika Utara, popularitas motor dual sport CRF450L semakin tinggi. Sayangnya motor tersebut belum dijual di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) sepertinya belum berniat memasukkan, importir umum pun belum menjualnya. Salah satu kendalanya adalah pajak. Bukan rahasia lagi, motor berkapasitas di atas 250 cc untuk kebutuhan on the road udah kena PPN BM sehingga kadang membuat harganya agak nggak rasional. Mungkin itu jadi salah satu alasan minimnya kehadiran motor dual sport 450 cc di Tanah Air.

Foto: Honda & Dirtbike Magazine

Advertisements