WESS 2019: Josep Garcia Juarai BR2 Enduro Solsona di Spanyol

Kali ini saya akan memberikan update mengenai seri ketujuh gelaran World Enduro Super Series (WESS) 2019 yang bergenre classic enduro yaitu BR2 Enduro Solsona di Spanyol. Ternyata BR2 Enduro Solsona benar-benar dikuasai oleh pembalap-pembalap dari tim Red Bull KTM Factory Racing. Nggak tanggung-tanggung, Red Bull KTM Factory Racing menempatkan tiga pembalapnya di podium pertama hingga ketiga. Bahkan di posisi keempat pun masih ditempati oleh pembalap tim satelit KTM. Siapa saja mereka?

Mungkin temen-temen udah pada tahu kalau WESS merupakan kompetisi balap enduro multi disiplin. WESS 2019 mengombinasikan antara balapan hard/extreme enduro dengan classic enduro dan cross-country. Secara total musim 2019 ini WESS terdiri dari delapan seri yang terdiri atas balap hard/extreme enduro sebanyak lima seri, classic enduro dua seri, dan cross-country satu seri. Masing-masing pembalap akan mendapatkan poin dalam setiap seri dengan perolehan poin maksimal pada setiap seri adalah 1.000 poin. Pembalap yang mengumpulkan poin paling banyak di akhir musim mendapatkan gelar juara WESS yang disebut The Ultimate Enduro Champion.

Nah… Karena BR2 Enduro Solsona merupakan balapan yang bergenre classic enduro, maka nggak heran kalau sejumlah pembalap yang punya background classic enduro begitu melejit di sini. Contohnya adalah Josep Garcia dari Red Bull KTM Factory Racing yang begitu mendominasi hampir semua sesi hingga akhirnya doi meraih gelar juara BR2 Enduro Solsona 2019. Kemudian rekan satu tim Josep Garcia di KTM, Nathan Watson, juga nggak kalah impresif. Mantan pembalap motocross yang beralih ke enduro ini mampu menempel ketat Josep Garcia. Sayangnya Nathan tetap harus puas berada di podium ketiga.

“Aku merasa sangat senang bisa meraih kemenangan di sini, di kampung halamanku, di depan seluruh teman-teman dan keluargaku. Aku merasa mendapatkan tekanan yang lebih besar ketika bermain di negaraku, tapi itu juga sekaligus memberikan motivasi kepadaku agar bisa menang. Secara umum ini adalah akhir pekan yang manis,” ungkap Josep Garcia.

Satu hal yang menarik di BR2 Enduro Solsona 2019 adalah sejumlah pembalap yang sebenarnya memiliki background hard/extreme enduro mulai unjuk gigi di kompetisi classic enduro. Sebut saja Johnny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) yang mampu menempati podium ketiga di bawah Josep Garcia dan Nathan Watson. Pemuncak klasemen sementara WESS 2019, Manuel Lettenbichler (KTM Supported), ternyata tampil nggak kalah memikat meskipun membalap bukan di bidangnya. Manni berada di posisi keempat BR2 Enduro Solsona sehingga memantapkan dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara WESS 2019.

Setelah BR2 Enduro Solsona, WESS 2019 masih menyisakan satu seri lagi yaitu GetzenRodeo di Jerman yang tergolong sebagai kompetisi hard/extreme enduro. Para pembalap dengan background extreme enduro seperti Manuel Lettenbichler, Johnny Walker, Taddy Blazusiak, Graham Jarvis, Alfredo Gomez, hingga duet pembalap Sherco Mario Roman dan Wade Young diprediksi bakal unjuk gigi di sini. GetzenRodeo sekaligus menjadi kesempatan bagi Manni untuk meraih gelar juara WESS 2019!

Hasil Seri Ketujuh WESS 2019 – BR2 Enduro Solsona:

  1. Josep Garcia – Red Bull KTM Factory Racing
  2. Nathan Watson – Red Bull KTM Factory Racing
  3. Johnny Walker – Red Bull KTM Factory Racing
  4. Manue Lettenbichler – KTM Supported
  5. Cristobal Guerrero – Yamaha
  6. Taddy Blazusiak – Red Bull KTM Factory Racing
Advertisements