• Home »
  • Article »
  • Lettenbichler Selangkah Lagi Raih Gelar The Ultimate Enduro Champion

Lettenbichler Selangkah Lagi Raih Gelar The Ultimate Enduro Champion

World Enduro Super Series (WESS) yang merupakan kompetisi balap enduro multi disiplin yang terdiri dari serial balap hard/extreme enduro, classic enduro, dan cross-country telah menyelesaikan tujuh seri dari total delapan seri yang diperlombakan sepanjang musim 2019. Tahun ini kompetisi yang diprakarsai oleh KTM terdiri dari Extreme XL Lagares – Portugal (hard enduro), Trefle Lozerien AMV – Perancis (classic enduro), ErzbergRodeo – Austria (hard enduro), Hixpania – Spanyol (hard enduro), Romaniacs – Romania (hard enduro), Hawkstone Park Cross-Country – Inggris (cross-country), BR2 Enduro Solsona – Spanyol (classic enduro), dan GetzenRodeo – Jerman (hard enduro). Para pembalap yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak sepanjang kompetisi berlangsung bisa mendapatkan gelar juara WESS yang disebut sebagai The Ultimate Enduro Champion atau bisa dibilang pembalap enduro paling hebat di dunia karena kompetisi ini terdiri dari sejumlah disiplin balap enduro.

Nah, sekarang WESS 2019 tinggal menyisakan satu seri lagi yang bergenre hard enduro yaitu GetzenRodeo di Jerman. Pimpinan klasemen sementara WESS 2019 setelah memperlombakan seri ketujuh adalah Manuel Lettenbichler (KTM Supported) yang bisa dibilang hanya sebagai pembalap tim privateer namun juga mendapatkan dukungan dari KTM. Manni sekarang mengumpulkan 5.110 poin, disusul oleh pembalap di posisi kedua Johnny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) 4.240 poin, dan Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing) ketiga dengan 4.165 poin. Hanya tiga pembalap ini yang masih berpeluang meraih gelar The Ultimate Enduro Champion, meskipun secara hitungan matematis Manuel Lettenbichler sudah meletakkan sebelah kakinya di ambang gelar juara WESS 2019. Kok bisa?

Coba kita hitung-hitungan ya… Dengan mengumpulkan 5.110 poin, maka Manni unggul 870 poin dari Johnny Walker dan leading 945 poin dari Josep Garcia. Padahal poin maksimal yang bisa didapatkan oleh pembalap jika menang dalam satu seri WESS adalah 1.000 poin. Di sisi lain kompetisi WESS hanya menyisakan satu seri lagi. Jadi bisa dibayangkan betapa beratnya peluang Johnny Walker atau Josep Garcia agar bisa juara. Untuk bisa juara, kedua pembalap Red Bull KTM Factory Racing ini nggak cuma harus menang di GetzenRodeo, tapi juga berharap Manni gagal finish di sana! Ntah itu karena crash, masalah teknis, atau penyebab yang lain.

Sayangnya berharap Manni gagal finish di GetzenRodeo juga bukan pilihan yang bijak. Kenapa? Pertama karena Manni itu orang Jerman. Bermain di kampung halaman sendiri, di depan teman-teman dan keluarganya tentu memberikan motivasi tambahan yang luar biasa. Kedua, GetzenRodeo tergolong sebagai kompetisi hard enduro yang menjadi spesialis bagi Manni. Ketiga, Manni adalah salah satu raja GetzenRodeo di mana doi menang di sana pada tahun 2018 yang lalu. Sebenarnya untuk menjadi juara WESS 2019, Manni nggak perlu menang di seri pamungkas GetzenRodeo. Tapi sepertinya bukan mustahil dia menyegel gelar The Ultimate Enduro Champion 2019 sekaligus dengan meraih gelar juara GetzenRodeo 2019!

Klasemen Sementara WESS 2019 Setelah BR2 Enduro Solsona:

  1. Manuel Lettenbichler (KTM Supported) – 5.110 poin
  2. Johnny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) – 4.240 poin
  3. Josep Garcia (Red Bull KTM Factory Racing) – 4.165 poin
  4. Alfredo Gomez (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) – 4.034 poin
  5. Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) – 3.920 poin
Advertisements