• Home »
  • Article »
  • Rally Du Maroc 2019 Jadi Milik Pembalap Husqvarna – Andrew Short!

Rally Du Maroc 2019 Jadi Milik Pembalap Husqvarna – Andrew Short!

Kompetisi balap rally dunia alias FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 telah usai. Seperti diketahui, pada tahun 2019 ini kompetisi FIM Cross-Country Rallies World Championship digelar sebanyak empat seri antara lain Abu Dhabi Dessert Challenge, Silk Way Rally, Atacama Rally, dan terakhir Rally du Maroc. Sang juara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 sudah diketahui sejak seri ketiga pasca Atacama Rally yaitu pembalap Red Bull KTM Factory Racing Sam Sunderlan lantaran jumlah poin yang didapatkan nggak mungkin lagi disusul oleh pembalap lain. Tapi bagaimana dengan hasil seri terakhir Rally du Maroc? Siapa pemenangnya?

FYI aja ya guys, rata-rata pembalap dan tim yang ikut serta di FIM Cross-Country Rallies World Championship itu hanya menganggap kompetisi ini sebagai ajang latihan dalam rangka persiapan Rally Dakar. Mereka menilai level kejuaraan dunia masih di bawah Rally Dakar. Tapi bukan berarti mereka nggak serius di kompetisi ini. Mereka tetap ingin membuktikan diri sebagai yang terbaik di ajang balap rally dunia sembari mempersiapkan diri dalam menghadapi Dakar pada tahun berikutnya.

Seri pamungkas FIM Cross-Country Rallies World Championship digelar di Maroko. Lokasi Maroko yang penuh dengan gurun memang biasa dipakai untuk event balap rally maupun arena latihan para pembalap dan tim. Untuk Rally du Maroc sendiri terdiri dari lima stage yang jalurnya sangat didominasi oleh gurun pasir yang sangat gembur. Di sini para pembalap dan tim berkompetisi dengan sangat ketat. Terbukti dari pemenang setiap stage yang berbeda-beda. Stage 1 dimenangkan oleh Sam Sunderland (Red Bull KTM Factory Racing), Stage 2 milik Joan Barreda (Monster Energy Honda Team), Stage 3 dikuasai oleh Toby Price (Red Bull KTM Factory Racing), dan pada Stage 4 giliran Paulo Goncalves (Hero Motorsport Team Rally) yang menang. Jadi memang kompetisi ini berlangsung sangat ketat.

Tapi bagaimana pun pada sebuah kompetisi hanya akan ada satu pemenang. Pembalap yang memenangkan Rally du Maroc 2019 adalah Andrew Short dari Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing berkat konsistensinya sepanjang Stage 1 sampai dengan Stage 5. Ini sekaligus menjadi catatan bersejarah bagi Andrew Short karena untuk pertama kalinya bisa meraih kemenangan di kejuaraan rally dunia sekaligus meraih posisi runner up pada FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Posisi Andrew Short di klasemen akhir FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 persis di bawah sang juara Sam Sunderland.

“Aku sulit mempercayainya. Ini tidak seperti nyata buatku. Target utamaku datang ke Maroko adalah agar bisa berada di posisi kedua championship, tapi bisa meraih kemenangan sulit dipercaya. Aku berada di posisi kedua saat Silk Way Rally yang lalu, itu sudah pencapaian sangat besar buatku namun waktu itu banyak pembalap top yang absen. Sekarang mereka semua ada di event ini dalam rangka persiapan Dakar dan bisa menang dengan persaingan sangat ketat seperti ini tentu luar biasa,” ujar Short.

Posisi kedua Rally du Maroc menjadi milik rekan satu tim Andrew Short, yaitu Pablo Quintanilla. Lalu posisi ketiga diraih oleh Joan Barreda, sedangkan posisi keempat dan kelima masing-masing menjadi milik Toby Price dan Ricky Brabec (Monster Energy Honda Team). Sekarang para pembalap-pembalap rally ini harus bersiap-siap dalam menghadapi Rally Dakar yang berlangsung pada Januari 2020 di Arab Saudi. Nggak ada lagi event balap yang dipakai untuk latihan sehingga mereka akan berlatih secara privater dengan masing-masing tim.

Advertisements