Satu Lagi Pilihan Knalpot Free Flow untuk KLX230, Kali Ini Datang dari GP7

Kawasaki KLX230 memang baru diluncurkan sekitar lima bulan yang lalu. Tapi siapa sangka part dan komponen aftermarket untuk motor ini sudah melimpah ruah, baik itu yang berfungsi untuk mendongrak tenaga maupun mendongrak penampilan maupun fungsi. Serbuan komponen aftermarket ini paling banyak datang dari brand knalpot. Maklum yang namanya motor trail kurang afdol kalau suaranya senyap dan mampet. Motor trail memang paling pas kalau suaranya garang blar blarrr sehingga hentakan tenaga dan torsinya pun menjadi lebih terasa maksimal.

Dalam kurun waktu lima bulan terakhir sudah ada tiga brand knalpot yang menawarkan produknya untuk KLX230 (street legal) dan KLX230R (off-road). Ketiga brand itu adalah Norifumi Racing dan ProSpeed yang merupakan brand lokal serta Over Racing yang berasal dari Jepang. Ketiganya menawarkan knalpot untuk KLX230/KLX230R dengan bandrol harga yang lumayan terjangkau. Rentangnya ada di angka Rp 1,7 juta sampai dengan Rp 2,2 jutaan. Lumayan terjangkau kan? Jadi pemilik KLX230/KLX230R nggak perlu nunggu nabung lama buat upgrade knalpot yang bobotnya pasti lebih enteng, bikin power dan torsi naik, serta suaranya lebih gahar.

Menariknya, eksistensi Norifumi, ProSpeed, dan Over Racing dalam menyuplai knalpot aftermarket untuk KLX230/KLX230R bakal mendapatkan persaingan dari satu lagi brand lokal. Dia adalah GP7 yang selama ini fokus dalam memproduksi knalpot-knalpot motor trail seperti Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Menurut informasi, knalpot GP7 untuk KLX230 sudah siap dan bisa dipesan mulai dari sekarang. Tapi kabar buruknya belum ada informasi yang cukup akurat mengenai harga knalpot buatan GP7. Saya duga sih harganya nggak akan jauh-jauh dari Norifumi, ProSpeed, dan Over Racing. Plus minus ada di angka Rp 2 jutaan.

Advertisements